Butuh 7 Tahun Untuk Angkat Semua Guru Honorer

Jumlah guru honorer di Indonesia mencapai  Butuh 7 Tahun untuk Angkat Semua Guru Honorer
Jumlah guru honorer di Indonesia mencapai 736 ribu orang.
Butuh waktu 7 tahun untuk mengangkat guru honorer di seluruh Indonesia menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN). Hal ini dikatakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy. Jumlah guru honorer di Indonesia mencapai 736 ribu orang.

"Kalau contohnya setiap tahun pemerintah mengangkat 100 ribu orang guru honorer, maka butuh waktu tujuh tahun lebih untuk sanggup menuntaskan permasalahan guru honorer," kata Muhadjir yang kutip dari Republika (11/05/2018).

Banyaknya guru honorer tersebut sebagai akhir dari adanya moratorium (penundaan) pengangkatan guru. Sehingga, guru yang pensiun tidak sanggup diganti dengan mengangkat guru baru. Untuk menutupi kekurangan itu kesannya kepala sekolah mengangkat guru honorer.

"Karena adanya moratorium pengangkatan guru, maka guru yang pensiun tidak sanggup diganti. Sebagai gantinya, kepala sekolah mengangkat guru honorer, sehingga kini menumpuk hingga sekitar 736 ribu," tutur Muhadjir.

Baca: Tidak Ada Pengangkatan Honorer jadi CPNS Tanpa Tes

Mantan Rektor Universitas Muhamadiyah Malang (UMM) itu menyadari honor guru honorer sangat kecil alasannya yang menggaji mereka yaitu kepala sekolah. Dia berharap, mulai tahun ini secara sedikit demi sedikit guru honorer sanggup diangkat menjadi ASN.

"Karena yang mengangkat mereka kepala sekolah, maka pemerintah kawasan tidak sanggup mengeluarkan honor untuk guru honorer. Kalau kepala kawasan mengeluarkan anggaran untuk honor guru honorer, sanggup menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan, bupatinya sanggup ditangkap KPK," terang Muhadjir.

0 Response to "Butuh 7 Tahun Untuk Angkat Semua Guru Honorer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel