Inilah Cara Menciptakan Surat Kuasa

Surat kuasa merupakan surat yang mengambarkan wacana pelimpahan kekuasaan atau wewenang yang diberikan oleh seseorang yang memperlihatkan kuasa kepada orang lain yang sanggup mendapatkan amanah untuk sanggup berperan sebagai wakil dari seseorang yang memperlihatkan kuasa untuk melaksanakan suatu hal yang orang pemberi kuasa tersebut tidak sanggup melakukannya sendiri. Cara menciptakan surat kuasa sanggup dikatakan tidaklah susah. Langkah pembuatan surat kuasa memakai format bahasa yang baku dan formal dan sanggup ditulis tangan ataupun diketik. Terdapat dua jenis surat kuasa, yakni surat kuasa personal dan surat kuasa instansi.

 Surat kuasa merupakan surat yang mengambarkan wacana pelimpahan kekuasaan atau wewenang y inilah Cara Membuat Surat Kuasa

Cara menciptakan surat kuasa personal yakni kedua belah pihak sehat jasmani maupun rohani, tidak ada paksaan antara keduanya, tidak memakai nomor surat, dan yang bersangkutan tidak ada unsur paksaan. Selain itu, kawasan dan tanggal surat kuasa dibentuk harus ditulis dengan jelas, begitu juga dengan maksud dan tujuannya. Jika surat kuasa untuk pengambilan honor maupun pensiunan diserahkan kepada keluarga yang sanggup dipercaya, dan tidak perlu memakai materai. Hal yang paling penting, surat kuasa dikatakan sah dan sanggup berlaku apabila sudah ditandatangani oleh kedua belah pihak. Sedangkan surat kuasa instansi harus ada nomor surat, cap stempel instansi yang bersangkutan, kawasan dan tanggal pembuatan surat kuasa harus ditulis dengan jelas, serta maksud dan tujuannya.


Surat kuasa personal ini diberikan secara eksklusif untuk keperluan pribadi. Sedangkan surat kuasa instansi disusun oleh instansi atau pimpinan yang akan diberikan kepada bawahannya atau orang yang dipercaya untuk keperluan yang menyangkut instansi. Dalam hal ini kedua belah pihak harus sudah berumur remaja serta identitas diri dari nama, alamat sampai pekerjaan pun juga harus jelas.

Berikut ini terdapat pola cara menciptakan surat kuasa yang benar.

Contoh Surat Kuasa Perseorangan


SURAT KUASA

Yang bertanda tangan dibawah ini,
Nama       : Riyan Bahtiar
Pekerjaan : Pensiunan Karyawan PT Kereta Api Indonesia
Alamat      : Jalan Bulusan Selata No 38 RT 04 RW 01 Surabaya

Dengan ini memperlihatkan kuasa kepada

Nama       : Muh. Rifqi Anam
Pekerjaan : Wiraswasta
Alamat     : Jalan Plamongan Indah 57 Surabaya
Untuk       : Mengambil uang pensiun bulan Desember 2014

Surat kuasa ini dibentuk berhubung saya sedang sakit dan terpaksa harus dirawat di rumah sakit.
Demikian surat kuasa ini dibentuk dengan bekerjsama dan sanggup dipergunakan sebagaimana mestinya.

Surabaya, 28 November 2016

Yang mendapatkan kuasa                                                        Yang memberi kuasa


Muh. Rifqi Anam                                                                 Riyan Bahtiar

Selesai sudah klarifikasi kami mengenai beberapa cara gampang untuk cara menciptakan surat kuasa. Dengan cara mudah di atas, sanggup memperlihatkan citra kepada anda untuk menciptakan surat kuasa. Dengan adanya artikel ini supaya sanggup bermanfaat bagi anda, baik untuk membuatnya maupun untuk mempelajarinya.

0 Response to "Inilah Cara Menciptakan Surat Kuasa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel