Mengapa Terjadi Banjir?

Bila animo hujan tiba, umumnya penduduk maupun pemerintah di beberapa kawasan menjadi khawatir, mengapa ? Karena seiring animo hujan, maka banjir pun akan datang. Apa bergotong-royong yang menjadikan setiap animo hujan tiba selalu terjadi banjir? 

Banjir sering terjadi sebagian besar dikarenakan oleh tangan-tangan insan juga, diantaranya lantaran banyaknya sampah yang dibuang sembarangan ke dalam jalan masuk air (selokan) dan sungai yang menjadikan selokan dan sungai menjadi dangkal sehingga fatwa air terhambat dan menjadi tergenang. Yang kedua, dikarenakan tidak adanya jalan masuk air di beberapa jalan raya, sehingga air yang tidak mengalir dan hanya menggenang dijalan usang kelamaan akan menghancurkan aspal jalan. 


 umumnya penduduk maupun pemerintah di beberapa kawasan menjadi khawatir Mengapa Terjadi Banjir?



Selain dua faktor sebelumnya, faktor lainnya lantaran tanah sudah tidak bisa menampung dan menyerap air lagi disebabkan ulah penebang-penebang pohon di hutan yang tidak menerapkan sistem reboisasi (penanaman pohon kembali) pada lahan yang gundul, sehingga kawasan resapan air sudah sangat sedikit. Faktor alam lainnya ialah lantaran curah hujan yang tinggi sehingga tanah tidak bisa meresap air.

Bahaya Banjir 

Di banyak sekali media cetak (koran) maupun media elektronik (TV, radio, internet) banyak diberitakan tragedi alam banjir yang menimpa saudara kita diberbagai kawasan Indonesia maupun diluar negara Indonesia. Banjir tersebut menghanyutkan dan menenggelamkan rumah, harta benda bahkan jiwa manusia. Banjir besar yang sering terjadi dengan tiba-tiba tersebut di sebut dengan banjir bandang. 

Apa yang sanggup kita lakukan untuk mencegah banjir ? 
  1. Membuang sampah pada tempatnya, tidak disembarang tempat. 
  2. Bekerja bakti dalam waktu yang rutin, contohnya 1 bulan sekali untuk membersihkan selokan (got), kali maupun sungai di kawasan sekitar kita.
  3. Digalakkannya kembali Sistem Reboisasi, baik di hutan maupun kawasan taman kota oleh pemerintah dan masyarakat. 
  4. Adanya penyuluhan kepada masyarakat mengenai ancaman banjir dan hal-hal yang berkaitan dengan banjir.



0 Response to "Mengapa Terjadi Banjir?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel