Kumpulan Soal Kinematika

Jawablah Soal Fisika wacana Kinematika berikut ini dengan baik dan benar!

1. Anda sedang membisu dipinggir jalan sementara teman Anda sedang berada di dalam kendaraan beroda empat yang dipercepat. Anda dan teman anda sama-sama menyaksikan orang yang melempar watu dari atap rumah. Apakah kecepatan, percepatan, dan posisi watu pada suatu waktu tertentu yakni sama untuk Anda dan teman Anda? Untuk masalah ini, dapatkah teman Anda (yang naik mobil) memakai perhitungan GLB dan GLBB biasa? Jelaskan balasan Anda. 

2. Anda berlari mengitari lapangan segi empat dengan panjang 100 m dan lebar 50 meter hingga hingga ke kawasan semula. Berapa panjang lintasan yang anda tempuh? Berapa perpindahan yang Anda lakukan? Jika Anda menempuh satu keliling lapangan tersebut dalam waktu 20 menit, berapa kelajuan dan kecepatan rata-rata Anda? Apakah sama? 

3. Sekarang kalau lapanganya berbentuk bulat tepat dengan diameter 50 m berapa jarak dan perpindahan Anda kalau menempuh 1⁄2 lingkaran, 1 keliling lingkaran, dan 2 keliling lingkaran? Apa yang sanggup Anda simpulkan? 

4. Anda sedang mengendarai motor dengan kecepatan 72 km/jam. Tiba-tiba Anda mengerem motor Anda. Jika perlambatan maksimum motor Anda yakni 10 m/s dapatkah Anda berhenti sebelum 5 sekon? Masih untuk masalah yang sama, berapa jarak yang Anda tempuh mulai dari pengereman hingga berhenti? 

5. Anda mengitari jalan lurus ke utara lalu berbelok 1⁄4 bulat ke barat dengan kelajuan tetap, apakah kecepatan Anda berubah? Untuk masalah ini, apakah Anda mengalami percepatan? 

6. Seseorang mengendarai kanoe sanggup melaju dengan kecepatan tetap 10 km/jam dalam air yang tenang. Ketika beliau melawan arus air yang mempunyai kecepatan 8 km/jam, berapakah kecepatannya? Berapakah kecepatannya kalau arus airnya searah dengan arah geraknya?

7. Manakah diantara ketiga kelereng pada gambar di berikut ini yang mengalami kelajuan yang semakin cepat dan percepatan yang semakin mengecil?

Jawablah Soal Fisika wacana Kinematika berikut ini dengan baik dan benar Kumpulan Soal Kinematika


8. Manakah diantara dua kelereng pada gambar di berikut ini yang lebih dahulu hingga ke ujung?

Jawablah Soal Fisika wacana Kinematika berikut ini dengan baik dan benar Kumpulan Soal Kinematika


Manakah yang mempunyai kelajuan rata-rata lebih besar? Apakah kelajuan kedua kelereng sama besar pada dikala mereka mencapai ujung lintasan?

9. Apakah mungkin kecepatan rata-rata untuk selang waktu tertentu yakni nol walaupun kecepatan rata-rata untuk selang yang lebih singkat yang tercakup dalam selang pertama tidak nol? Jelaskan.

10. Berilah pola gerakan yang kecepatannya negatif tetapi percepatannya positif; sebagai contoh, gambarlah grafik v terhadap t.

11. Mungkinkah sebuah benda mempunyai kecepatan nol dan percepatan yang tidak nol?

12. Sebuah bola dilemparkan lurus ke atas. Berapakah kecepatan di puncak perjalanannya? Berapakah percepatannya di titik itu?

13. Dua anak lelaki yang bangun di jembatan melempar dua watu lurus ke bawah ke dalam air di bawahnya. Mereka melemparkan watu itu pada dikala yang sama, tetapi yang satu mengenai air sebelum yang lain. Bagaimana mungkin ini terjadi, padahal kedua watu itu mempunyai percepatan yang sama?

14. Jika percepatan tidak seragam (uniform), apakah masih berlaku rumus GLBB?

15. (a) Dapatkah sebuah benda yang mempunyai kecepatan nol sedang mengalami percepatan? (b) Dapatkah sebuah benda yang bergerak dengan laju konstan mempunyai kecepatan yang berubah- ubah? (c) Dapatkah benda yang bergerak dengan kecepatan konstan mempunyai laju yang berubah-ubah?

16. Dari keterangan berikut, keadaan manakah yang tidak mungkin? (a) Benda mempunyai kecepatan ke timur dan percepatan ke timur; (b) benda mempunyai kecepatan ke timur dan percepatan ke barat; (c) kecepatan benda sama dengan nol, tetapi percepatannya tidak nol; (d) benda mempunyai percepatan konstan dan kecepatan berubah-ubah; (e) benda mempunyai kecepatan konstan dan percepatan berubah-ubah.

17. Sebuah kendaraan beroda empat bergerak dengan kecepatan awal 10 m/s. Selama 5 detik, kendaraan beroda empat tersebut mengalami percepatan yang konstan sehingga mencapai kecepatan 20 m/s. Berapa percepatan kendaraan beroda empat tersebut?

18. Sebuah kendaraan beroda empat bergerak dengan kecepatan 100 m/s, tiba-tiba kendaraan beroda empat direm biar sanggup berhenti pada jarak 50 m, berapa perlambatan kendaraan beroda empat yang harus dicapai?

19. Sebuah kelereng dijatuhkan dari ketinggian 10 m. Pada dikala yang sama kelereng yang lain dilemparkan ke atas dari permukaan tanah dengan kecepatan awal 10 m/s. Kapan kedua kelereng tersebut mempunyai ketinggian yang sama? Berapakah ketinggian mereka pada dikala itu?

20. Sebuah bis melaju dengan ugal-ugalan dengan kelajuan 108 km/jam melintasi kendaraan beroda empat patroli polisi yang sedang diam. Saat itu juga kendaraan beroda empat patroli polisi tersebut mengejar bis dengan percepatan 6 m/s2. Tentukan waktu dan jarak yang diharapkan polisi untuk menyusul bis.

21. Sebuah bis melaju dengan ugal-ugalan dengan kelajuan 108 km/jam melintasi kendaraan beroda empat patroli polisi yang sedang diam. 5 sekon lalu kendaraan beroda empat patroli polisi tersebut mengejar bis dengan percepatan 5 m/s2 , hingga kecepatannya mencapai 144 km/jam, dan sesudah itu pengejaran terus berlangsung dengan kecepatan tetap 144 km/jam. Tentukan waktu dan jarak yang diharapkan polisi untuk menyusul bis.

22. Pada suatu lintasan lurus sebuah kendaraan beroda empat balap bergerak dengan kurva kecepatan terhadap waktu ibarat pada gambar di berikut ini.

Jawablah Soal Fisika wacana Kinematika berikut ini dengan baik dan benar Kumpulan Soal Kinematika



(a) Tentukan panjang lintasan yang ditempuh selama 5 sekon pertama.
(b) tentukan percepatan kendaraan beroda empat balap dalam selang waktu 0 hingga 1 s.
(c) tentukan percepatan kendaraan beroda empat balap dalam selang waktu 4s hingga 5 s.

0 Response to "Kumpulan Soal Kinematika"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel