Soal Ulangan Kelas 4 Tema 6 Kurikulum 2013
Download soal penilaian final tahun atau UAS semester 2 kelas 4 Tema 6 CITA-CITAKU sesuai Kurikulum 2013. |
Jenis penilaian pada Kurikulum 2013 (K13) yaitu penilaian harian, penilaian tengah semester dan penilaian final semester. Penilaian final tahun (PAT) atau juga dikenal dengan Ulangan final semester (UAS) genap dilaksanakan pada sekitar bulan Juni sesuai dengan kalender pendidikan yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan.
Untuk setiap tema kelas 4 SD Kurikulum 2013 (K13) terdiri 3 subtema dan setiap subtema terdiri dari 6 pembelajaran. Setiap final dari setiap subtema dilaksanakan Penilian Harian (PH) atau Ulangan Harian (UH). Tema 6 pada kelas 4 SD ialah CITA-CITAKU dengan subtema sesuai Kurikulum 2013 (K13) revisi terbaru yaitu:
Subtema 1 : Aku dan Cita-Citaku
Subtema 2 : Hebatnya Cita-Citaku
Subtema 3 : Giat Berusaha Meraih Cita-Cita
Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) Tema 6 Kelas 4
Soal ulangan atau penilaian final semester 2 kelas 4 SD tema 6 disusun menurut kisi-kisi terdiri dari soal pilihan ganda, isian singkat, dan uraian. Soal UAS Kurikulum 2013 kelas 5 terdiri dari beberapa kompetensi dasar muatan mata pelajaran, yaitu: PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, Seni Budaya dan Prakarya (SBdP).
Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) kelas 4 sesuai Kurikulum 2013 perlu dilakukan untuk mempermudah dalam melaksanakan penilaian hasil berguru penerima didik, mempermudah menciptakan soal evaluasi, mempermudah dalam menciptakan kisi-kisi soal serta sanggup mempermudah dalam melaksanakan analisis soal. Berikut deskripsi setiap KD Kelas 4 SD Tema 6 CITA-CITAKU:
KD Muatan Pelajaran Tema 6 Kelas 4 Semester 2
PPKN 1.1 mensyukuri keberagaman umat beragama di masyarakat sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika.
PPKN 2.3 bersikap toleran dalam keberagaman umat beragama di masyarakat dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika
PPKN 3.3 menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.
PPKN 4.4 mengemukakan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.
B. INDO 3.6 menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara verbal dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan
B. INDO 4.6 melisankan puisi hasil karya eksklusif dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang sempurna sebagai bentuk ungkapan diri
IPA 3.2 membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya.
IPA 4.2 menciptakan denah siklus hidup beberapa jenis mahluk hidup yang ada di lingkungan sekitarnya, dan slogan upaya pelestariannya
IPS 3.1 mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten hingga tingkat provinsi
IPS 4.1 menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten hingga tingkat provinsi
SBdP 3.2 mengetahui gerak tari kreasi daerah
SBdP 3.3 mengetahui karya seni rupa teknik tempel
SBdP 3.4 mengetahui karya seni rupa teknik tempel
SBdP 4.2 menampilkan lagu dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada
SBdP 4.3 meragakan gerak tari kreasi daerah
SBdP 4.4 menciptakan karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik.
Baca juga: Kumpulan Soal Penilaian Tengah Semester 1 Kelas 4
Contoh Soal Ulangan Kelas 4 Tema 6 Subtema 1, 2, dan 3
Ayo kerjakan soal-soal di bawah ini dengan benar!
A. 3.3
1. Upacara Ngaben merupakan kebiasaan tabiat kawasan ....
A. Bali
B. Papua
C. Riau
D. Aceh
4. Tahun gres Imlek diperingati umat ....
7. Sebutkan agama yang diakui pemerintah Indonesia serta tempat ibadahnya!
B. 3.6
8. Membaca puisi dengan lagu atau gerak badan disebut ....
A. bait
B. rima
C. deklamasi
D. ekspresi
11. Bunyi final setiap larik disebut ...
15. Sebutkan langkah-langkah dalam menciptakan puisi!
D. 3.2
17. Pada siklus hidup kupu-kupu yang sanggup merugikan petani pada ketika menjadi ....
A. ulat
B. telur
C. kepompong
D. kupu-kupu
19. Cagar alam berkhasiat untuk melindungi aneka jenis ...
22. Tuliskan urutan siklus hidup nyamuk!
E. 3.1
25. Fauna yang dilindungi di Taman Nasional Ujung Kulon ialah ....
26. Sumber daya alam yang berupa makhluk hidup disebut ....
28. Mengapa penggunaan materi tambang harus dilakukan dengan hemat?
F 3.2
29. Ketepatan suara tiap nada disebut ....
A. tempo
B. Intonasi
C. nada
D. moderato
32. Apa yang dimaksud dengan tangga nada?
F. 3.3
34. Tari Saman diperagakan secara ....
36. Sebutkan 3 tarian kawasan Jawa Timur!
F. 3.4
38. Karya seni aplikasi benda ditempelkan dengan cara ....
40. Apakah persamaan dari karya seni kolase, montase, dan aplikasi?
Download Soal Ulangan Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku
Selengkapnya soal-soal penilaian final tahun atau UAS semester 2 kelas 4 SD Kurikulum 2013 Tema 6 CITA-CITAKU yang belum disertai dengan kunci jawabannya dan yang berformat .pdf itu sanggup didownload melalui link berikut ini:
Untuk materi persiapan belum dewasa menghadapi Ulangan Akhir Semester 2, khususnya kelas 4 SD yang memakai Kurikulum 2013 sanggup mengerjakan soal-soal latihan di atas yang belum disertai dengan kunci jawabannya. Selain kompetensi pengetahuan (KI 3), siswa juga harus menguasai kompetensi ketrampilan (KI 4).
Hasil penilaian pengetahuan diolah secara kuantitatif dengan memakai angka (bilangan bundar skala 0-100), predikat, dan deskripsi. Deskripsi berupa kalimat konkret terkait capaian kemampuan penerima didik dalam setiap muatan pelajaran yang mengacu pada setiap KD. Nilai penilaian final semester (NPAS) merupakan nilai setiap KD pengetahuan per muatan pelajaran.
0 Response to "Soal Ulangan Kelas 4 Tema 6 Kurikulum 2013"
Post a Comment