Memahami Karakteristik Akseptor Bimbing Melalui Pendekatan Teman Sebaya
Memahami karakteristik penerima didik melalui pendekatan sahabat sebaya |
Memperhatikan budaya kekeliruan yang sulit diperbaiki ini maka sebagai Guru harusnya membangun banyak sekali konsep strategis guna memperkecil banyak sekali prasangka jelek yang ungkapkan oleh banyak sekali kalangan masyarakat selama ini. Salah satu konsep yaitu pendekatan sahabat sebaya. Teknik pendekatan ini diawali dengan langkah-langkah berikut:
a. Guru meminta Peserta Didik dengan mengajukan satu pertanyaan sederhana sebagai berikut:-
- Siapa saja sahabat berbain Anda setiap hari ? Kelas Rendah [Belum lancar membaca dan menulis]
- Tulislah teman-teman erat Anda minimal nama 3[tiga] sahabat ! Kelas atas [yang lancar membaca dan menulis]
b. Menanyakan kesukaan Peserta Didik dari sahabat sebaya Peserta Didik tersebut dari daftar nama yang diterima
c. Mencatat semua warta dari semua sahabat yang disebutkan/dituliskan dalam daftar secara lengkap.
d. Membaca dan menganalisa serta mengkaji pendapat yang dikumpulkan
e. Guru menciptakan final sementara huruf Peserta Didik bersangkutan
f. Mulai menyusun taktik gres guna mempengaruhi serta memasukan konsep gres yang sanggup mengubah konsep dasar Peserta Didik sesuai cita-cita Guru.
g. Menemukan karakteristik gres Peserta Didik menurut hasil karja guru.
Baca: Strategi untuk Mengenal Karakter Peserta Didik
Inilah beberapa langkah yang sanggup membantu Guru dalam menghadapi Karakter Peserta Didik yang sulit diatur. Selamat mencoba supaya bermanfaat demi memperkecil prasangka jelek dari banyak sekali pihak.
Maju Terus Pantang Mundur, Guru mengmang Pahlawan Tanpa Jasa namun Karya Guru merupakan ukiran Kecil yang tetap membekas di hati Peserta Didik hingga diujung penghabisan Riwayat Pendidikan ikut dibacakan di depan Khalayak.
*) Ditulis oleh Paulus Pobas,S.Pd
Guru Non PNS di SMAS Nasrani 1 SoE-Kab.Timor Tengah Selatan-Nusa Tenggara Timur.
0 Response to "Memahami Karakteristik Akseptor Bimbing Melalui Pendekatan Teman Sebaya"
Post a Comment