Tata Cara Pernapasan Pada Insan


kita memerlukan nafas untuk mempertahankan hidup, Rata-rata manusia tidak mampu menahan napas selama lebih dari 30 detik. Seseorang yang dalam keadaan sungguh sehat pun paling banter mampu menahan napas selama dua menit. Manusia memang bukan ikan yang bisa hidup dan bernafas di dalam air.





Daftar Tulisan


Proses yang terjadi ketika kita bernafas





oksigen dibawa masuk kedalam paru paru lalu digantikan dengan karbon yang dibuang keluar seiring dengan kita menghembuskan nafas. proses memasukan udara kedalam badan disebut ilham sedangkan proses mengeluarkan udara disebut expiraksi





Yang terjadi ketika kita menahan nafas 





Saat Anda menahan napas, kadar oksigen di dalam tubuh akan turun (hipoksia) dan kadar karbon dioksida akan naik secara perlahan alasannya zat ini ikut dikeluarkan ketika bernapas.  JIak terlalu usang menahan nafas bab dada yang ditekan, otak pun mampu kekurangan oksigen. Hal itu menimbulkan pingsan sesaat dan bisa dibarengi kejang-kejang. 





secara teori seseorang mustahil “bunuh diri” dengan menahan napas terlalu lama karena badan akan secara respon memaksa untuk kembali bernapas.





Alat pernapasan manusia 





alat pernapasan manusia berisikan rongga hidung, pangkal tenggorok (laring), tenggorok (trakea), paru-paru.





sistem pernapasan pada manusia




Rongga Hidung





hidung merupakan salah satu indera manusia yang mampu mengenali bacin, rongga hidung berfungsi selaku jalan pernafasan. selain itu rongga hidung juga memiliki faedah selaku berikut:





  • indera penciuman
  • sebagai kawasan penyaring udara yang masuk kedalam badan. Di Dalam rongga hidung terdapat rambut hidung selaput lendir yang berfungsi menyaring udara supaya terbebas dari debu dan kotoran.
  • mengukur dan mengontrol kelembaban udara yang masuk kedalam paru-paru.
  • faring atau tekak ialah persimpangan antara rongga ekspresi dan rongga hidung.




sesungguhnya bernafas mampu dilakukan lewat verbal cuma saja udara yang masuk tidak akan mampu disaring secara optimal dan memang bernafas biasanya dilakukan melalui hidung bukan lisan.





Pangkal Tenggorok (Laring)





pangkal tenggorokan terdiri dari katup pangkal tenggorok (epiglotis) dan beberapa tulang rawan yang membentuk jakun. katup epiglotis berfungsi untuk  menutup saluran masakan ketika mengatakan dan menutup susukan udara ketika makan sehingga susukan makanan terbuka.





jakun pada laki-laki terlihat mencoloksedangkan pada perempuan lebih samar.





pada laring juga terdapat pita suara yaitu organ yang berfungsi untuk menawarkan warna bunyi.





Tenggorok (trakea)





Tenggorok sendiri berfungsi selaku daerah lewatnya udara pernapasan. dalam trakea terdapat selaput lendir dan sel rambut getar yang berfungsi untuk menolak abu dan benda asing yang masuk bersama udara.





tolakan secara paksa akan menjadikan bersin atau tabuk.





tenggorok bercabang dua satu menuju paru paru sebelah kanan dan lainnya menuju kekiri. cabang tenggorok disebut bronkus.bronkiolus yakni cabang dari bronkus yang terletak di dalam paru-paru.





bronkus kanan bercabang menjadi 3 bronkiolus sedangkan sebelah kiri bercabang menjadi 2 bronkiolus.





alveolus yaitu gelembung-gelembung udara yang terletak di ujung bronkiolus, banyak mengandung kapiler kapiler darah, alveolus berfungsi sebagai kawasan pertukaran oksigen dengan karbon dioksida dan uap air.





di dalam tenggorokan terdapat bulu-bulu halus yang berfungsi untuk menyaring udara dari kotoran yang masih dapat lolos ke tenggorokan.





paru-paru (pulmo)





Organ alat pernapasan utama pada manusia adalah paru paru yang berjumlah sepasang. adalah paru kanan dan paru kiri. paru paru kanan terdiri atas 3 gelambir dan paru paru kiri terdiri atas 2 gelambir. Diafragma atau sekat rongga dada ialah alat sekat pembatas antara rongga dada dan rongga perut. paru paru dibalut selaput tipis yang disebut pleura dan dilindungi oleh tulang rusuk dan tulang dada.





Proses Pernafasan 





menurut cara masuk udara kedalam paru-paru, proses pernapasan dibedakan menjadi dua macam, yakni pernafasan dada dan pernapasan perut.





Pernapasan dada 





pernapasan dada yaitu proses pernafasan dengan cara mengembang kempiskan rongga dada atau dibantu oleh naik turunnya tulang rusuk.





Skema pernapasan dada





  • Saat menarik napas: udara dihirup – tulang rusuk terangkat – rongga dada membengkak
  • dikala melepaskan nafas tulang rusuk mengendur ke bawah – rongga dada mengecil – udara terlepas




Pernapasan perut 





adalah pernapasan dengan cara mengembang kempiskan rongga perut atau dibantu oleh mendatar dan melengkungnya diafragma atau sekat rongga dada.





skema pernapasan perut





  • Saat menarik napas: udara dihirup – rongga dada membengkak – isi rongga perut depresi – tekanan dalam rongga dada mengecil.
  • ketika melepaskan napas: otot tulang rusuk mengendur ke bawah – otot perut mengendur menekan diafragma – rongga dada mengecil – udara terlepas




Gangguan pada alat pernapasan manusia





Penyakit pada metode pernafasan





beberapa penyakit pernapasan yang disebabkan oleh basil dan basil diantaranya yakni selaku berikut:





  1. influenza ditularkan oleh basil lewat udara, gampang berpindah ke orang lain lewat bersin.
  2. Tuberkulosis (TBC) menyerang paru paru yang disebabkan oleh kuman, ditandai dengan batuk-batuk berdahak disertai darah
  3. Pneumonia diketahui juga dengan radang paru-paru yang disebabkan oleh kuman. gejalanya adalah penderita akan kesusahan bernafas, batuk dibarengi darah, serta dada terasa nyeri.
  4. sesak nafas yaitu gangguan yang terjadi karena udara yang dihisap terkotori oleh asap dan polusi udara.
  5. Pleuritis yaitu peradangan yang terjadi pada selaput pleura.




Gangguan pada pernafasan





beberapa penyakit yang disebabkan oleh gangguan pernapasan adalah:





  • Polip yaitu pembengkakan yang terjadi di rongga hidung
  • Amandel ialah pembengkakan yang terjadi di tempat tekak atau faring.
  • Bronkitis yakni peradangan yang terjadi pada dinding bronkus (cabang Tenggorok)
  • Asma ialah penyempitan pada akses pernafasan 




Cara merawat paru paru biar tetap sehat





  • sering berolahraga utamanya di udara terbuka
  • tidak merokok 
  • menyingkir dari polusi udara dan mencegah polusi atau asap
  • bernafas dalam dalam.

0 Response to "Tata Cara Pernapasan Pada Insan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel