Pengertian Ekosistem Contoh Dan Jenisnya


Ekosistem berisikan kata “tata cara dan ekologi” yang terbentuk oleh relasi timbal balik yang tak mampu dipisahkan antara makhluk hidup dan lingkungannya. Jika menurut pembentukannya Ekosistem dibagi menjadi dua yakni ekosistem alami(misal mirip hutan hujan tropis, hutan sabana, pegunungan, hingga gurun.) dan ekosistem bikinan (misal bak).





Daftar Tulisan


Ilmu yang mempelajari perihal ekosistem 





Cabang ilmu biologi yang mempelajari ihwal interaksi antar makhluk hidup dan lingkunganya disebut Ekologi. Ekologi berasal dari bahasa Yunani, yakni oikos yang berarti rumah dan kawasan tinggal dan logos yang mempunyai arti ilmu pengetahuan.





Ekosistem yakni relasi saling ketergantungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya atau kesatuan antara makhluk hidup dengan lingkungannya.





Ada ada dua bagian penyusun ekosistem yaitu 





  • lingkungan biotik yang terdiri atas semua makhluk hidup
  • lingkungan abiotik yang terdiri dari makhluk tak hidup




Komponen biotik dan abiotik





Komponen ekosistem merupakan bagian dari ekosistem yang menyusun ekosistem itu sendiri sampai terbentuk suatu ekosistem. Komponen dalam ekosistem kemudian dibagi lagi menjadi dua macam, yaitu unsur hidup dan bagian tak hidup. Selain itu unsur hidup mampu disebut juga sebagai komponen biotik, dan komponen tak hidup dapat disebut sebagai bagian abiotik. Setiap bagian memiliki anggota yang berbeda-beda pula.





Komponen Biotik





Biotik, artinya “Hidup”. Kaprikornus yang dimaksud unsur biotik pada suatu ekosistem yaitu makhluk hidup itu sendiri, karena ekosistem tidak akan terbentuk tanpa adanya makhluk hidup didalamnya. Keberadaan makhluk hidup lalu membentuk suatu rantai kuliner dalam suatu ekosistem. Beberapa contoh dari bagian biotik yang ada lingkungan sekitar kita, antara lain:





  • Organisme Autotrof atau Produsen, Organisme autotrof merupakan organisme yang dapat mengganti bahan anorganik menjadi organik dengan tunjangan energi seperti energi cahaya matahari dan kimia. sebagai produsen karena organisme ini mampu menciptakan makanannya sendiri, bahkan beliau membuat makanan bagi organisme lain yang tinggal di ekosistem. Produsen kemudian akan membuat kuliner dengan menyerap senyawa serta zat- zat anorganik yang hendak diubah menjadi senyawa organik melalui suatu proses yang dinamakan sebagai fotosintesis.
  • Organisme Heterotrof (Konsumen) mempunyai sifat yang berlawanan dengan organisme pertama. Heterotrof adalah organisme yang membutuhkan senyawa organik di mana karbon diekstrak untuk pertumbuhannya. Heterotrof dikenal sebagai “konsumer” atau ialah makhluk hidup yang tidak dapat membuat kuliner sendiri dalam rantai makanan dan hanya memperoleh masakan bergantung pada lainnya. Organisme heterotrof ini memperoleh masakan dari organisme autotrof atau produsen dan akan memakan sesama organisme heterotrof lainnya. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa organisme heterotrof yakni organisme yang memakai materi-materi organik dari organisme lain yang dipakai sebagai sumber energi dan makanannya. Sebagai acuan yaitu insan dan hewan. Ketiganya nanti dibagi lagi menurut makanannya menjadi Herbivora, Karnivora serta Omnivora
  • Pengurai atau Dekomposer, merupakan Golongan terakhir dari unsur biotik dalam suatu ekosistem. Dekomposer atau pengurai adalah organisme yang mengkonsumsi organisme mati dan produk-produk limbah dari organisme lain. Pengurai membantu siklus nutrisi kembali ke ekosistem lainnya. Dekomposer membuat tanah kaya dengan menyertakan senyawa organik dengan itu. Dengan kata lain, pengurai ialah organisme yang melakukan pekerjaan untuk merubah materi bahan organik dari organisme yang sudah mati menjadi senyawa anorganik lewat sebuah proses yang dinamakan dekomposisi. Pengurai atau dekomposer akan menduduki jabatan penting dalam suatu rantai makanan di bumi, karena kiprahnya paling simpulan ialah kunci keberlangsungan rantai masakan. Beberapa contoh pengurai atau dekomposer yang ada di sekitar lingkungan daerah kita tinggal adalah ganggang, jamur, kuman, cacing, dan lain sebagainya.




Komponen Abiotik





Komponen abiotic ialah bagian yang tak hidup atau bisa juga diartikan selaku lingkungan. bagian abiotik adalah unsur yang berisikan benda-benda (bukan makhluk hidup) yang ada di sekitar ekosistem, yang ikut berperan dan menghipnotis kelangsungan hidup penghuni ekosistem. 





Contoh unsur abiotik ialah  suhu, sinar matahari, air, angin, udara, kelembapan udara, dan banyak lagi benda mati yang ikut berperan dalam ekosistem. Berikut beberapa diantaranya:





  • Suhu: adalah proses biologis yang dipengaruhi oleh pergantian pada suhu, contohnya mamalia & burung selaku makhluk hidup yang dapat mengontrol sendiri suhu tubuhnya.
  • Air: Sebuah ketersediaan air mampu mensugesti distribusinya suatu organisme Contohnya Organisme mampu menyesuaikan diri dan bertahan hidup dengan memanfaatkan ketersediaan air yang berada di padang pasir.
  • Garam: Konsentrat pada garam akan mensugesti keseimbangan air dalam organisme melalui Osmosis. Contohnya pada Beberapa organisme Terestrial yang mampu mengikuti keadaan pada lingkungan dan kandungan garamnya yang cukup tinggi.
  • Sinar Matahari: Intensitas & Kualitas pada suatu Cahaya Matahari akan mensugesti proses fotosintesis, alasannya air mampu menyerap cahaya sehingga proses fotosintesis dapat terjadi di sekeliling permukaan matahari.




Macam-Macam Ekosistem





Ekosistem ialah satu kesatuan fungsional antara bagian biotik (makhluk hidup) dan unsur abiotik (komponen tak hidup atau lingkungan) yang saling berinteraksi dan saling mempengaruhi dalam bentuk kekerabatan timbal balik antara satu dengan yang lain. Secara lazim ada tiga tipe ekosistem, yaitu ekositem air, ekosisten darat, dan ekosistem bikinan. Berikut penjelasannya:





Pengertian Ekosistem Contoh dan Jenisnya




Air (akuatik)





Ekosistem air ialah ekosistem yang komponen abiotiknya sebagian besar terdiri atas air. Makhluk hidup (bagian biotik) dalam ekosistem perairan dibagi lagi menjadi:





Ekosistem air tawar 





Ciri-ciri ekosistem air tawar antara lain Variasi suhu tidak menyolok, penetrasi cahaya kurang, dan terpengaruh oleh iklim dan cuaca. Macam flora yang terbanyak adalah jenis ganggang, sedangkan yang lain tanaman biji, Hampir semua filum binatang terdapat dalam air tawar. Organisme yang hidup di air tawar kebanyakan telah mengikuti keadaan.





Ekosistem Air Laut: Habitat laut (oseanik) ditandai salinitas (kadar garam) yang tinggi dengan ion CI- mencapai 55% khususnya di tempat maritim tropik, karena suhunya tinggi dan penguapan besar. Di daerah tropik, suhu laut sekitar 25 °C. Perbedaan suhu bagian atas dan bawah tinggi, sehingga terdapat batas antara lapisan air yang panas di bagian atas dengan air yang hambar di bab bawah yang disebut daerah termoklin.





Ekosistem Estuari





Estuari (muara) ialah daerah bersatunya sungai dengan maritim. Estuari sering dipagari oleh lempengan lumpur intertidal yang luas atau rawa garam. Ekosistem estuari memiliki produktivitas yang tinggi dan kaya akan nutrisi. Komunitas tanaman yang hidup di estuari antara lain rumput rawa garam, ganggang, dan fitoplankton. Komunitas hewannya antara lain aneka macam cacing, kerang, kepiting, dan ikan





Ekosistem Pantai





Dinamakan demikian alasannya yang paling banyak tumbuh di gundukan pasir adalah tumbuhan Ipomoea pes caprae yang tahan terhadap hempasan gelombang dan angin. Tumbuhan yang hidup di ekosistem ini menjalar dan berdaun tebal.





Ekosistem Sungai: Sungai yakni sebuah badan air yang mengalir ke satu arah. Air sungai hambar dan jernih serta mengandung sedikit sedimen dan masakan. Aliran air dan gelombang secara konstan memberikan oksigen pada air. Suhu air beragam sesuai dengan ketinggian dan garis lintang. Ekosistem sungai dihuni oleh binatang mirip ikan kucing, gurame, kura-kura, ular, dan buaya.





Ekosistem terumbu karang





Terdiri dari coral yang berada akrab pantai. Efisiensi ekosistem ini sungguh tinggi. Hewan-hewan yang hidup di karang memakan organisme mikroskopis dan sisa organik lain. Berbagai invertebrata, mikro organisme, dan ikan, hidup di antara karang dan ganggang. Herbivora mirip siput, landak bahari, ikan, menjadi mangsa bagi gurita, bintang bahari, dan ikan karnivora. Kehadiran terumbu karang di akrab pantai membuat pantai mempunyai pasir putih.





Ekosistem bahari dalam: Kedalamannya lebih dari 6.000m. Biasanya terdapat lele maritim dan ikan laut yang mampu mengeluarkan cahaya. Sebagai produsen terdapat kuman yang bersimbiosis dengan karang tertentu.





Ekosistem lamun





Lamun atau seagrass ialah satu‑satunya golongan berkembang-tanaman berbunga yang hidup di lingkungan laut. Tumbuh‑flora ini hidup di habitat perairan pantai yang dangkal. Seperti hal­nya rumput di darat, mereka mempunyai tunas berdaun yang tegak dan tangkai‑tangkai yang merayap yang efektif untuk berbiak. Berbeda dengan tumbuh‑tanaman bahari lainnya (alga dan rumput laut), lamun berbunga, berbuah dan meng­hasilkan biji. Mereka juga memiliki akar dan tata cara internal untuk mengangkut gas dan zat‑zat hara. Sebagai sumber daya hayati, lamun banyak dimanfaatkan untuk banyak sekali keperluan.





Terestrial (Darat)





Penentuan zona dalam ekosistem terestrial ditentukan oleh temperatur dan curah hujan. Ekosistem terestrial dapat dikontrol oleh iklim dan gangguan. Iklim sungguh penting untuk menentukan mengapa sebuah ekosistem terestrial berada pada suatu tempat tertentu. Pola ekosistem mampu berganti akibat gangguan seperti petir, kebakaran, atau aktivitas insan. Berikut beberapa diantaranya ekosistem darat:





gramedia obf





Tundra: Terdapat di belahan bumi sebelah utara di dalam bundar kutub utara dan terdapat di puncak-puncak gunung tinggi. Pertumbuhan tumbuhan di kawasan ini hanya 60 hari. Contoh tanaman yang mayoritas adalah sphagnum, liken, tumbuhan biji semusim, tumbuhan perdu, dan rumput alang-alang. Pada umumnya, tumbuhannya mampu menyesuaikan diri dengan kondisi yang dingin.





Karst (batu gamping / gua) 





Berawal dari nama daerah kerikil gamping di kawasan Yugoslavia. Kawasan karst di Indonesia rata-rata mempunyai ciri-ciri yang nyaris sama ialah, tanahnya kurang subur untuk pertanian, sensitif kepada abrasi, mudah longsor, bersifat rentan dengan pori-pori aerasi yang rendah, gaya permeabilitas yang lamban dan didominasi oleh pori-pori mikro. Ekosistem karst mengalami keunikan tersendiri, dengan keanekaragaman faktor biotis yang tidak ditemui di ekosistem lain.





Hutan hujan tropis





Hutan hujan tropika atau sering juga ditulis selaku hutan hujan tropis yaitu bioma berbentukhutan yang senantiasa berair atau basah, yang mampu dijumpai di kawasan sekitar khatulistiwa; yaitu kurang lebih pada lintang 0°–10° ke utara dan ke selatan garis khatulistiwa. Dalam hutan basah terjadi pergantian iklim mikro, adalah iklim yang eksklusif terdapat di sekitar organisme. Daerah tudung cukup mendapat sinar matahari, variasi suhu dan kelembapan tinggi, suhu sehari penuh sekitar 25 °C. Dalam hutan hujan tropis sering terdapat tumbuhan khas, adalah liana (rotan) dan anggrek sebagai epifit. Hewannya antara lain, monyet, burung, badak, babi hutan, macan, dan burung hantu.





Hutan gugur





Terdapat di kawasan beriklim sedang yang mempunyai empat musim, ciri-cirinya yaitu curah hujan merata sepanjang tahun. Jenis pohon sedikit (10 s/d 20) dan tidak terlampau rapat. Hewan yang terdapat di hutam gugur antara lain rusa, beruang, rubah, bajing, burung pelatuk, dan rakun (sebangsa luwak).





Taiga





Taiga atau hutan boreal adalah bioma yang tersusun atas satu spesies seperti konifer, pinus, cemara, dan sejenisnya. Semak dan flora berair sedikit sekali, sedangkan hewannya antara lain rusa besar, beruang hitam, beruang cokelat, rubah, serigala, ajag, dan burung-burung yang bermigrasi ke selatan pada trend gugur. di bagian bumi sebelah utara dan pegunungan kawasan tropik, ciri-cirinya ialah suhu yang rendah di ekspresi dominan cuek. Biasanya taiga merupakan hutan yang tersusun atas satu spesies seperti konifer, pinus, dan sejenisnya. Semak dan tanaman lembap sedikit sekali, sedangkan hewannya antara lain moose, beruang hitam, ajag, dan burung-burung yang bermigrasi ke selatan pada animo gugur.





Sabana: Sabana dari tempat tropik terdapat di kawasan dengan curah hujan 40 – 60 inci per tahun, namun temepratur dan kelembaban masih tergantung trend. Sabana yang terluas di dunia terdapat di Afrika, Hewan yang hidup di sabana antara lain serangga dan mamalia seperti zebra, singa, dan hyena





Padang rumput





Sebuah padang rumput merupakan habitat terbuka, ladang, atau lapangan yang ditumbuhi oleh rumput dan tumbuhan tak berkayu yang lain. Padang rumput mempesona banyak satwa liar dan mendukung tumbuhan dan fauna yang tidak dapat meningkat di habitat lain. 





Terdapat di tempat yang terhampar dari tempat tropik ke subtropik. 





Ciri-ciri padang rumput adalah curah hujan kurang lebih 25-30 cm per tahun, hujan turun tidak terencana, porositas (absorpsi air) tinggi, dan drainase (anutan air) cepat. Tumbuhan yang ada terdiri atas tanaman terna (herbs) dan rumput yang keduanya bergantung pada kelembapan. Hewannya antara lain: bison, zebra, singa, anjing liar, serigala, gajah, jerapah, kangguru, serangga, tikus dan ular.





Gurun





Dalam ungkapan geografi, gurun, padang gurun atau padang pasir yaitu sebuah daerah yang mendapatkan curah hujan yang sedikit – kurang dari 250 mm per tahun. Gurun dianggap mempunyai kesanggupan kecil untuk mendukung kehidupan.  Terdapat di kawasan tropik yang memiliki batas dengan padang rumput. Ciri-ciri ekosistem gurun yakni gersang dan curah hujan rendah (25 cm/tahun). Perbedaan suhu antara siang dan malam sungguh besar. Tumbuhan semusim yang terdapat di gurun berskala kecil. Selain itu, di gurun dijumpai pula flora menahun berdaun seperti duri contohnya kaktus, atau tak berdaun dan mempunyai akar panjang serta memiliki jaringan untuk menyimpan air. Hewan yang hidup di gurun antara lain rodentia, semut, ular, kadal, katak, kalajengking, dan beberapa hewan nokturnal lain.





Ekosistem Buatan





Sawah merupakan salah satu teladan ekosistem buatan. Ekosistem bikinan merupakan ekosistem yang diciptakan insan untuk memenuhi kebutuhannya. Ekosistem buatan ini lalu menerima subsidi energi dari luar, tumbuhan atau binatang peliharaan yang didominasi imbas manusia, dan memiliki keragaman rendah. Contoh ekosistem bikinan diantaranya:





  • Bendungan
  • Sawah irigasi
  • Perkebunan sawit
  • Hutan tumbuhan bikinan mirip jati dan pinus
  • Agroekosistem berbentuksawah tadah hujan
  • Ekosistem pemukiman seperti kota dan desa
  • Ekosistem ruang angkasa.




Ekosistem kota memiliki metabolisme tinggi sehingga butuh energi yang lumayan banyak serta mempunyai pengeluaran yang eksesif mirip polusi dan panas. Ekosistem ruang angkasa bukan merupakan sebuah tata cara tertutup yang dapat menyanggupi sendiri kebutuhannya tanpa tergantung input dari luar. Semua ekosistem dan kehidupan senantiasa bergantung pada bumi.





Perubahan Ekosistem





Perubahan ekosistem alami yakni perubahan ekosistem yang disebabkan alasannya terjadinya kejadian-kejadian alam mirip gunung meletus gempa bumi dan kebakaran hutan. Perubahan ekosistem mampu terjadi baik secara alami dan juga bisa disebabkan oleh acara yang dilakukan oleh insan.





Sedangkan perubahan ekosistem sebab aktivitas manusia yang mampu mengusik keseimbangan ekosistem contohnya seperti:  





  • Perpindahan penduduk, Perpindahan penduduk menjadikan tempat yang didatangi menjadi padat sehingga mengakibatkan pencemaran lingkungan meningkat.
  • menebang hutan secara liar,  Dan juga penebangan kayu secara berlebihan mampu menyebabkan sebuah lingkungan menjadi tandus,  banjir, dan maut binatang dan tanaman hutan.
  • Perburuan liar, mampu menjadikan kepunahan beberapa binatang langka yang dilindungi.
  • Penggunaan pupuk dan pestisida secara berlebihan,Dapat menimbulkan maut dan terganggunya kehidupan makhluk hidup kecil. 
  • pembuangan limbah rumah tangga dan juga industri,Dapat menjadi penyebab pencemaran air, tanah, dan juga udara.  
  • pengeboran minyak di bahari. Menjadi penyebab utama kerusakan terumbu karang dan juga berkurangnya Spesies ikan yang terdapat di laut.




Habitat





Habitat yaitu daerah sebuah makhluk hidup tinggal dan meningkat biak. Pada dasarnya, habitat yakni lingkungan—lingkungan fisik—di sekitarpopulasi sebuah spesies yang memengaruhi dan dimanfaatkan oleh spesies tersebut





Habitat merupakan daerah hidup dari banyak sekali makhluk hidup untuk melaksanakan segala kegiatan hidupnya.  Populasi yaitu makhluk hidup sejenis yang hidup di suatu daerah tertentu.  berganti populasi Suatu makhluk hidup sangat dipengaruhi oleh lingkungan daerah hidupnya.





Hal-hal yang mempengaruhi pergeseran populasi yakni:





Ruang gerak atau kawasan hidup ketersediaan kuliner keberadaan lawan kejadian alam dan cara berkembang biak





Komunitas ialah kumpulan beberapa populasi yang hidup berinteraksi dalam suatu habitat. 


0 Response to "Pengertian Ekosistem Contoh Dan Jenisnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel