Pembagian Zona Waktu Yang Ada Di Indonesia


Zona Waktu Yang Ada Di Indonesia dibagi menjadi 3 yakni: Waktu Indonesia Barat atau WIB yang mencakup pulau Sumatra, Jawa, Madura, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Waktu Indonesia Tengah atau WITA yang meliputi Sulawesi, Kepulauan Sunda Kecil, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.





Daftar Tulisan


Kenapa Terjadi Perbedaan Zona Waktu 





Penyebab perbedaan waktu di dunia terjadi sebab bentuk bumi yang bulat, Perbedaan letak astronomis di setiap wilayah yang ada di dunia dan juga bumi yang berotasi menjadi penyebab terjadinya perbedaan dikala siang dan malam.





Sama halnya di indonesia, Wilayah Indonesia yang luas membuat adanya selisih garis bujur di beberapa tempat, sehingga membuat adanya perbedaan zona waktu.





Mudahnya begini kalau di bumi A sedang siang hari, permukaan bumi yang berlawanan mungkin sedang dalam keadaan malam hari.





Rotasi Bumi ialah gerakan perputaran atau peredaran Bumi pada porosnya.





Perbedaan Waktu Indonesia: WIB, WITA dan WIT





Wilayah indonesia dibagi menjadi 3 pembagian waktu dengan selisih masing-masing daerah 1 jam, adalah:





  • Waktu indonesia Barat (WIB)
  • Waktu indonesia Tengah (WITA)
  • Waktu indonesia Timur (WIT)




Dimana selisih masing masing waktu yaitu selaku berikut:





  • WIB dengan WITA selisih 1 jam
  • WITA Dengan WIT selisih 1 jam 
  • WIT dengan WIB selisih 2 jam




Contohnya contohnya di aceh pukul 05.00 WIB maka di Palu pukul 06.00 WITA, dan di Papua pukul 07.00 WIT.





Tabel Pembagian Waktu di Indonesia





Berikut ini yaitu tabel pembagian waktu yang ada di Indonesia





Pembagian Zona Waktu Yang Ada Di Indonesia
Pembagian Zona Waktu Yang Ada Di Indonesia




Waktu Indonesia Barat atau WIBSumatra, Jawa, Madura, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah
Waktu Indonesia Tengah atau WITA Sulawesi, Kepulauan Sunda Kecil (Nusa Tenggara), Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara
Waktu Indonesia Timur atau WIT Kepulauan Maluku dan Papua




Greenwich





Para ilmuwan dan hebat perbintangan yakin bahwa Kota Greenwich terletak di garis meridian utama. Garis meridian utama, yaitu di derajat 0 yang disebut sebagai garis meridian utama. Greenwich atau GMT bujur geografis 0 derajat yang menjadi waktu matahari, terletak di garis meridian Greenwich, Inggris dan menjadi standar pembagian waktu di Bumi.





Itulah kenapa waktu yang kita gunakan sekarang ini menurut patokan meridian utama adalah Kota Greenwich.





Mengapa kota Greenwich?





Lokasi ini dipilih alasannya adalah adanya observatorium penting di Inggris dan lalu dibarengi selaku acuan oleh para astronom seluruh dunia dalam Konferensi Meridian Internasional pada tahun 1884.





Selisih antara GMT dengan WIB, WITA, WIT





Selisih Perbedaan Waktu indonesia dengan waktu greenwich ialah 7 jam, wita 8 jam dan wit ialah 9 jam





itulah kenapa ketika menyetel HP gres kita memilih GMT+7 adalah daerah dengan zona waktu yang memiliki perbedaan waktu lebih maju (lebih cepat) sebesar 7 jam dari waktu GMT (Greenwich Mean Time), atau waktu standar yang berada di Greenwich, London.





Format Waktu AM dan PM





Jika di indonesia kita menggunakan format waktu 24 jam di beberapa negara diantaranya Amerika Serikat, Kanada, Selandia Baru, dan Australia memakai waktu dengan format 12 jam yang diketahui dengan AM dan PM. Apa arti dari format waktu AM dan PM ini?





AM dan PM berasal dari bahasa latin. AM mempunyai arti Ante Meridiem atau sebelum noon sedangkan PM yakni post meridiem yang mempunyai arti sesudah siang.





AM sendiri merupakan waktu dari tengah malam hingga siang.





PM merupakan Waktu terdiri dari 12 jam dari siang hingga tengah malam.





Kekurangan dari penggunaan waktu 12 jam yaitu singkatan mana yang harus dipakai untuk siang dan tengah malam. khususnya untuk orang dengan format waktu 24 jam akan sukar mengidentifikasi waktu sebelum tengah hari (AM) atau sehabis tengah hari (PM).





Misalnya yakni saat tengah malam yang terjadi sempurna 12 jam setelah tengah hari pada hari sebelumnya dan 12 jam sebelum tengah hari pada hari berikutnya.





Namun, sebagian besar kalangan beropini, menetapkan tengah malam sebagai pukul 12 pagi dan siang sebagai pukul 12 siang. Meskipun ketika tengah hari yang sempurna tidak tergolong dalam klasifikasi, jam setelahnya, dari 12:00:01 hingga 12:59:59, terang setelah tengah hari.





Sehingga untuk menghindari kebingungan pada dikala tengah hari atau tengah malam, dipakai penanda 12 siang dan 12 tengah malam sebagai gantinya.


0 Response to "Pembagian Zona Waktu Yang Ada Di Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel