Soal Try Out Ii Usbn Sd Bahasa Indonesia Dan Kunci Jawabannya

Soal Try Out II USBN SD Bahasa Indonesia dan Kunci Jawabannya Soal Try Out II USBN SD Bahasa Indonesia dan Kunci Jawabannya
Download soal latihan try out II Bahasa Indonesia USBN SD/MI tahun pelajaran 2018/2019 yang disertai dengan kunci jawaban.

Pada tahun pelajaran 2018/2019 diadakan ujian sekolah berstandar nasional (USBN) bagi akseptor didik kelas 6 SD. USBN di tingkat SD hanya menguji tiga mata pelajaran, yakni Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Kisi-Kisi soal USBN SD tahun pelajaran 2018/2019 sudah dirilis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Kisi-kisi ini dipakai sebagai pola dalam penyusunan soal USBN SD tahun 2019 yang memakai materi irisan dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) atau Kurikulum 2006 dengan Kurikulum 2013. Format kisi-kisi USBN SD tahun 2019 memuat level kognitif dan ruang lingkup materi. Soal yang diujikan dalam USBN SD 2019 yaitu bentuk soal pilihan ganda dan uraian.

Sesuai kisi-kisi USBN SD tahun pelajaran 2018/2019 yang dikeluarkan oleh BNSP memuat level kognitif dan lingkup materi mata pelajaran. Terdapat 3 level kognitif, yaitu: Pengetahuan dan Pemahaman, Aplikasi, serta Penalaran. Sedangkan lingkup materi Bahasa Indonesia yang merupakan irisan dari Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013 yaitu sebagai berikut:

* Membaca Nonsastra
* Membaca Sastra
* Menulis Terbatas
* Menyunting Kata/Istilah, Frase, Kalimat, Paragraf, Ejaan, dan Tanda Baca

USBN SD dan sederajat sudah semakin dekat, ujian akan dilaksanakan final bulan April 2019 mendatang. Pelajari semua indikator yang ada pada kisi-kisi soal USBN SD tahun 2019 dan perbanyak latihan soal. Berikut contoh soal try out ke-2 dan prediksi USBN SD/MI tahun pelajaran 2018/2019 mata pelajaran Bahasa Indonesia yang disertai dengan kunci jawabannya.

CONTOH SOAL USBN SD/MI BAHASA INDONESIA

2. Mereka sangat kagum melihat karya yang sangat artistik itu.
Sinonim kata yang bergaris bawah yaitu .....
A. heran
B. takjub
C. senang
D. terhibur

34. Penggunaan ejaan yang benar terdapat pada kalimat ....
A. Ayah memperbaiki sepeda yang rusak
B. Ibu mensapu lantai di dapur
C. Banjir bandang menterjang pemukiman penduduk
D. Kita harus mensukseskan aktivitas masuk akal sembilan tahun

45. Bacalah pantun rumpang berikut!
Jalan-jalan ke kota Bandar
Jangan lupa membeli cabai
Kalau kita rajin belajar
........
Lengkapi pantun tersebut!

DOWNLOAD SOAL TRY OUT BAHASA INDONESIA USBN SD DAN KUNCI JAWABANNYA

Bentuk soal USBN SD/MI 2019 terdiri atas Pilihan Ganda (PG) dan uraian. Sebanyak 20%-25% butir soal USBN disiapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Sebanyak 75%-80% butir soal disiapkan oleh guru-guru atau tutor yang dikonsolidasikan Kelompok Kerja Guru (KKG) dan dikoordinasikan oleh Dinas Pendidikan Provinsi atau Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.

Selengkapnya soal latihan try out II Bahasa Indonesia USBN SD/MI tahun pelajaran 2018/2019 yang disertai dengan kunci balasan sanggup didownload di tautan berikut ini:


Untuk materi mencar ilmu menghadapi USBN tahun pelajaran 2018/2019, sanggup memakai soal try out atau soal latihan USBN SD. Kumpulan soal USBN SD tahun 2019 yang sudah disertai dengan kunci jawabannya Untuk materi mencar ilmu menghadapi USBN SD, khususnya mata pelajaran Bahasa Indonesia sanggup memakai soal try out USBN di atas.

Jadwal USBN untuk jenjang SD/MI dan sederajat tahun pelajaran 2018/2019 akan digelar mulai tanggal 22 hingga 24 April 2019. Sedangkan untuk jadwal ujian susulan bagi siswa yang berhalangan hadir, akan dilaksanakan mulai tanggal 26 hingga 30 April 2019. Ujian final bagi siswa kelas 6 ini dulu dikenal dengan istilah Ujian Sekolah/Madrasah (US/M).

Mata pelajaran yang diujikan dalam USBN SD/MI mencakup Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam. Ujian dimulai pukul 08.00 hingga 10.00 (120 menit) dengan jumlah butir soal; Bahasa Indonesia sebanyak 40 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian, Matematika 30 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian, serta IPA 35 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian.

0 Response to "Soal Try Out Ii Usbn Sd Bahasa Indonesia Dan Kunci Jawabannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel