Ptk Dengan Memakai Metode Puzzle Jigsaw

 yang berjudul Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Menggunakan Metode Puzzle Jigsaw PTK dengan Menggunakan Metode Puzzle Jigsaw
Download Penelitan Tindakan Kelas (PTK) yang berjudul Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Menggunakan Metode Puzzle Jigsaw.
Metode mengajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi berguru anak. Penggunaan metode mengajar yang menarik dan menyenangkan akan sangat besar lengan berkuasa pada iklim berguru di kelas. Berdasarkan hasil penelitian pendahuluan diperoleh data nilai siswa yang kurang baik. Ini sanggup dilihat dari sebagian besar siswa mendapat nilai di bawah KKM (kriteria ketuntasan minimal).

Sejalan dengan pemikiran di atas serta melihat hasil berguru yang belum optimal, maka diharapkan perubahan dalam proses pembelajaran yang aman sehingga pada jadinya sanggup meningkatkan prestasi berguru siswa.

Guru dianggap sebagai satu-satunya sumber belajar. Metode pembelajaran yang masih bersifat konvensinal, dimana siswa hanya menyimak klarifikasi guru, mencatat dan mengerjakan latihan saja. Belum lagi penggunaan metode pembelajaran yang monoton dan hanya menekankan pada penghafalan semata, semakin menambah daftar panjang alasan siswa merasa enggan dalam belajar.

Metode pembelajaran yang aktif dan menyenangkan untuk siswa sehingga pada jadinya diharapkan sanggup meningkatkan prestasi berguru siswa. Salah satu metode yang sanggup dipakai untuk pembelajaran yaitu puzzle jigsaw. Menurut Adenan (1989:9) dinyatakan bahwa puzzle dan games yaitu materi untuk memotivasi diri secara positif dan merupakan daya penarik yang kuat.

Tarigan (1986:234) menyatakan bahwa pada umumnya para siswa menyukai permainan dan mereka sanggup memahami dan melatih cara penggunaan kata-kata, puzzle , crosswords puzzle , anagram dan palindron. Sedangkan Jigsaw yaitu salah satu metode kooperatif yang lebih mengetengahkan kerja sama tim dalam memecahkan masalah.

Metode puzzle jigsaw merupakan metode kerja sama antara permainan puzzle dan metode pembelajaran kooperatif model jigsaw. Pembelajaran kooperatif merupakan salah satu pembaharuan dalam dunia pendidikan. Pembelajaran kooperatif sanggup membuat suasana berguru yang menyenangkan dan sanggup membangun kerjasama antar individu dalam kelompoknya.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research yang dilaksanakan dengan mengikuti mekanisme penelitian menurut pada prinsip Kemmis dan Taggart (1988) yang meliputi aktivitas perencanaan (planning), tindakan (action), observasi (observation), refleksi (reflection) atau evaluasi. Keempat aktivitas ini berlangsung secara berulang dalam bentuk siklus.

Dalam pelaksanaannya penulis merencanakan memakai 3 siklus sebagai dasar penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data yaitu cara-cara yang dipakai oleh peneliti untuk mengumpulkan data, (Arikunto. S, 1998:125). Metode yang dipakai dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu metode dokumentasi, tes dan observasi.

Penelitan Tindakan Kelas (PTK) yang berjudul Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran IPS Menggunakan Metode Puzzle Jigsaw Di Kelas II SDN 8 Gedung Air Bandar Lampung, sanggup Anda download melalui link berikut ini:

PTK MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN PUZZLE JIGSAW

Metode analisis data pada penelitian ini yaitu memakai metode analisis deskriptif kuantitatif, dengan tujuan untuk mengetahui kecenderungan peningkatan prestasi berguru siswa dari setiap siklus dalam aktivitas berguru mengajar. Indikator keberhasilan pada penelitian ini yaitu sekurang - kurangnya 85% dari keseluruhan siswa memperoleh nilai 65 untuk prestasi berguru kognitif, (Mulyasa, 2004:99).

0 Response to "Ptk Dengan Memakai Metode Puzzle Jigsaw"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel