Cara Lain Untuk Berkata “Tidak” Dan Jangan Pada Anak Anda

jika anak semakin dihentikan justru semakin dilakukan Cara Lain untuk Berkata “Tidak” dan Jangan Pada Anak Anda
Cara lain untuk berkata “tidak” dan "jangan" pada anak ialah dengan mengalihkannya kepada kata-kata lain yang positif.

Banyak sekali kontroversi yang membahas mengenai anggapan bahwa menyampaikan kata “tidak” atau “jangan” itu tidak diperbolehkan dalam mendidik anak. Sebenarnya, kata tersebut bukanlah dilarang, hanya saja diusahakan untuk meminimalisir penggunaannya dalam mendidik anak. Mengapa? Karena berdasarkan hebat psikolog, anak untuk usia dini masih belum sanggup mencerna kata-kata negatif di dalam pikirannya.

Kenapa Menghindari Kata Tidak dan Jangan yang Berlebihan

Di dalam pikiran alam bawah sadar anak, kata “tidak” atau “jangan” tidaklah merespon dengan cepat. Jika orang renta mengatakan, “Jangan main air!” kepada anak, maka anak hanya merespon kata “main airnya” saja. Tidak heran kalau anak semakin dihentikan justru semakin dilakukan atau anak semakin memaksakan kehendaknya apabila orang renta melarangnya.

Terlalu banyak atau terlalu sering melarang anak juga akan membuatnya bingung. Bayangkan saja, ketika Anda ingin berbuat begini dan begitu, tapi selalu dihentikan tanpa ada kejelasan. Ketika ini berlarut-larut, maka anak akan terbentuk menjadi pribadi yang takut untuk mengambil keputusan.

Mengatakan kata larangan menyerupai “jangan” atau “tidak” itu diperbolehkan hanya dalam kondisi dan keadaan tertentu, menyerupai dikala sedang terburu-buru. Jika ada anak yang bermain di bersahabat sumur dan selangkah lagi anak tersebut akan terjatuh ke dalamnya. Apakah Anda akan berpikir terlebih dahulu untuk mengalihkan kata “jangan” dikala melarang anak? Tentu tidak! Saat menyerupai itu Anda pastinya refleks menyampaikan kata, “Jangan bergerak, nanti kau masuk ke sumur!” atau “Jangan mainan di sumur!” dan Anda akan refleks mengambil anak Anda untuk menjauh dari sumur tersebut.

Cara Lain Untuk Berkata “Tidak” dan "Jangan" Pada Anak

Pada dikala keadaan santai atau mengasuh sehari-hari, usahakanlah memakai kata-kata preventif kalau Anda ingin melarang anak untuk menghindari sesuatu yang membahayakan.Kata preventif merupakan kata larangan nyata yang bersifat mencegah. Kata-kata preventif contohnya, yaitu:

“Hati-hatilah, nak!” alternatif dari kata “Jangan ceroboh!”
“Turunlah, nanti kau jatuh!” alternatif dari kata “Jangan naik! Nanti jatuh”
“Buanglah sampah ke kawasan sampah, ya nak” alternatif dari “Jangan buang sampah sembarangan!”

Masih banyak pola kata preventif lainnya yang sanggup Anda gunakan dikala melarang anak untuk melaksanakan sesuatu. Selain itu, dalam memakai kata “tidak” kepada anak, Anda harus memperlihatkan alasan yang logis dan gampang dipahami oleh anak. Anda juga sanggup mengalihkan kata “tidak” menjadi “boleh, asalkan....” kepada anak.

Contohnya, seperti:

“Tidak boleh bermain pisau!” Anda sanggup mengalihkannya dengan “Boleh memakai pisau, hanya untuk memasak. Kalau adek ingin memakai pisau, nanti sehabis cerdik balig cukup akal dikala membantu ibu memasak, ya.” Kemudian Anda sanggup eksklusif mengambil pisau tersebut dari hadapan anak.

Baca: Asah Kreatifitas Anak dengan Tidak Banyak Melarang

Itulah cara lain untuk berkata “tidak” dan "jangan" pada anak semoga anak Anda paham terhadap hal-hal yang dihentikan oleh orang tuanya. Bukanlah sesuatu yang diharamkan memakai kata “tidak” atau “jangan” pada anak, hanya saja Anda harus lebih meminimalisir kembali penggunaan kata-kata tersebut.

0 Response to "Cara Lain Untuk Berkata “Tidak” Dan Jangan Pada Anak Anda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel