Pembahasan Kimia Erlangga Struktur Atom Dan Sistem Periodik Unsur Kelas 10

Perkembangan Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur Pembahasan KIMIA ERLANGGA Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur  Kelas 10
Okey, temen-temen kelas 10 yang gres mengenal kimia jangan khawatir, kimia itu tidak sulit kok hanya saja butuh latian dan kesabaran dalam mengerjakannya.

yang mau mimin bahas kali ini ialah pembahasan kimia erlangga kelas 10 belahan struktur atom dan sistem periodik unsur. pola soal ini diambil dari buku erlangga kurikulum 2013 karangan marthen kanginan.

langsung saja dimulai pembahasannya, kalau ada kesalahans silakan tulis di komentar.

Pembahasan Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur Latihan 1.1

Soal No 1.
Menurut John Dalton,"Atom dari suatu unsur yang sama mempunyai ukuran,massa,dan sifat yang sama sedangkan atom dari unsur yang berbeda  mempunyai ukuran,massa dan sifat yang berbeda".Apakah anda oke dengan pendapat tersebut?Jelaskan alasan anda!

Pembahasan
ya saya oke dengan pernyataan ini, alasannya ialah intinya senyawa yang tersusun dari atom yang berbeda mempunyai sifat yang berbeda pula.

Soal No 2
Sebutkan sifat-sifat yang dimiliki oleh sinar katode!

Pembahasan

Beberapa sifat sinar katode yaitu sebagai berikut : 

1) Dipancarkan oleh plat bermuatan negatif dalam tabung hampa apabila dilewati listrik bertegangan 
tinggi. 
2) Berjalan dalam garis lurus 
3) Dapat memendarkan banyak sekali jenis zat termasuk gelas 
4) Bermuatan negatif sehingga sanggup dibelokkan oleh medan listrik dan medan magnet 
5) Memiliki sifat cahaya dan sifat materi 
6) Tidak tergantung pada jenis gas dan jenis elektrode

Soal No 3
Apa alasan JJ Thompson meyakini bahwa sinar katode bukan sinar biasa tetapi merupakan partikel?

Pembahasan

Sinar katode merupakan pancaran elektron yang diamati dalam tabung hampa udara atau tabung vakum.


Alasan mengapa J.J Thomson meyakini bahwa sinar katode bukan sinar biasa tetapi merupakan partikel ialah :

1. Bergerak lurus dari katode menuju anode. Ini ditandai dengan timbulnya bayangan fluoresen pada ujung tabung yang berlawanan dengan ujung katode.

2. Sinar katode dibelokkan oleh medan magnet eksternal. Hal ini memperlihatkan bahwa sinar katode merupakan partikel yang bermuatan.

3. Sinar katode dibelokkan oleh medan magnet eksternal ke arah plat elektrode yang bermuatan positif. Hal ini memperlihatkan bahwa sinar katode merupakan partikel yang bermuatan negatif.

4. Partikel katode tidak bergantung pada materi katode maupun gas yang digunakan. Hal ini memperlihatkan bahwa dalam semua atom terdapat partikel yang bermuatan negatif. Oleh Thomson, partikel ini disebut elektron.

5. Muatan elektron = 1,6 x 10⁻¹⁹ coulomb, sedangkan massanya = 9,107 x 10⁻²⁸ gram.

Note :

Berdasarkan inovasi elektron, J.J Thomson (1904) mengemukakan teori atomnya sbb :
"Atom merupakan suatu bola yang bermuatan positif. Di tempat-tempat tertentu terdapat elektron yang bermuatan negatif. Jumlah muatan positif sama dengan jumlah muatan negatif"
Soal No 4
Carilah gosip wacana percobaan tetes minyak oleh Robert Milikan di internet!Kemudian presentasikan bagaimana percobaan tersebut dilakukan!

Pembahasan

Soal No 5
Mengapa Thompson hingga pada kesimpulan bahwa atom merupakan bola pejal yang bermuatan positif sedangkan elektronnya tersebar di dalam bola tersebut,dan bukan sebaliknya bolanya yang bermuatan negatif?

Pembahasan

Mengapa thomson hingga pada kesimpulan bahwa atom merupakan bola pejal yang bermuatan positif sedangkan elektronnya tersebar di dalam bola tersebut ?


Hal ini dikarenakan dari hasil percobaan yang dilakukan, J.J Thomson risikonya menyatakan bahwa sinar katode merupakan partikel penyusun atom (partikel sub-atom) yang bermuatan negatif dan selanjutnya disebut elektron, 

oleh alasannya ialah elektron bermuatan negatif, sedangkan atom bermuatan listrik netral maka haruslah ada muatan listrik positif yang mengimbangi muatan elektron dalam atom. Partikel positif tersebut merupakan bola pejal.

Maka, J.J Thomson mengusulkan suatu model atom yang dikenal dengan model atom roti kismis, yaitu :

1. Atom berbentuk bola pejal bermuatan positif yang sejenis (diibaratkan
sebagai roti).

2. Elektron bermuatan negatif tersebar di dalamnya (seperti kismis yang
tersebar di dalam roti).

Soal No 6
Apa dasarnya sehingga rutherford menyimpulkan dari percobaan penghamburan sinar a, bahwa muatan positif dari atom terpusat pada inti yang sangat kecil?

Pembahasan
sinar alfa mempunyai muatan +, mirip yg kita ketahui gaya antar muatan sejenis akan menghasilkan gaya tolak menolak, pada percobaannya didapat sebagian besar sinar a sanggup menembus plat emas, yg membuktikan bahwa sebagian besar atom terdiri atas ruang kosong.

akan tetapi sebagian kecil lagi memantul ke banyak sekali sudut, bahkan ada yg kembali ke lokasi sinar a ditembakan, perlu diingat, bahwa dari percobaan hanya sebagian kecil yg memantul, maka sanggup disimpulkan bahwa muatan positif pada atom berukuran sangat kecil dan terpusat

Soal No 7
Garis tengah atom helium ialah 1 x 10^-8 cm.Apabila atom helium tersebut dijajarkan secara berhimpitan,ada berapa atom yang menempati ruang seluas 1 cm²?

Pembahasan
hitung luas belahan tengah atom pada belahan diameternya. kita asumsikan bahwa luasnya sama dengan luas segi empat. alasannya ialah kalau dianggap bundar akan ada ruang kosong yang memang tidak sanggup diisi. jadi lebih baik kita anggap saja sebagai segiempat

v1 = (10^-8) x (10^-8)
=10^-16

v2= 1

maka banyak atomnya adalah
x = v2 / v1
= 1 / (10^-16
= 10^16

Soal No 8
Menurut perhitungan Rutherford,jari-jari atom 10.000 kali dari jari-jari inti atom.Apabila jari-jari inti suatu atom  diperpanjang menjadi 10 cm,berapa meter panjang jari-jari atom dan  berapa meter diameter atom tersebut?

Pembahasan

jawab:

Ra = 10.000 × Ri
     = 10.000 × 10 cm
     = 100.000 cm
     = 1000 m
Sehingga diameter atom = 2 × Ra
                                     = 2 × 1000 m
                                     = 2000 m

(keterangan : Ra = jari-jari atom
                      Ri = jari-jari initi atom

Soal No 9
Fakta apa yg mendorong rutherford berkeyakinan bahwa ada partikel lain selain proton yang menyusun atom?

Pembahasan
rutherford menemukan kejanggalan=perbandingan massa atomhidrogen terhadap atom helium =1:4 dimana hidrogen mempunyai 1 proton dan helium mempunyai 2 proton. seharusnya perbandingannya 1:2. oleh alasannya ialah itu rutherford dantimnya meyakini bahwa ada partikel lain dalam inti atom.


Temen-temen sanggup memperlihatkan Donasi untuk Perkembangan Blog ini kedepannya dengan cara meng "klik" iklan yang tampil. 1 klik saja sudah cukup bagi kami. 

Terima Kasih !!

sekian pola soal dan pembahasan wacana struktur atom dan sistemp periodik unsur. silkana klik halaman dibawah untuk melanjutkannya.

>> NEXT PAGE : 1 2 3 4 5 6

0 Response to "Pembahasan Kimia Erlangga Struktur Atom Dan Sistem Periodik Unsur Kelas 10"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel