Kultum Wacana Keutamaan Qiyamul Lail (Shalat Malam)

Kultum Keutamaan Shalat Malam – Dalam menjalani hari tentu kita harus selalu ingat untuk tetap beribadah kepada Yang Mahaku harapanSWT baik yang wajib maupun yang sunnah, lantaran terkadang wajib saja tentu tidak cukup. Nah pada kesempatan kali ini satubah harapansengaja akan mengatakan contoh kultum yang tentunya berkaitan dengan ibadah, yaitu keutamaan shalat malam. Untuk selengkapnya mampu anda baca pada rangkuman kultum di bawah ini.

Kultum Singkat Keutamaan Shalat Malam

>>>>>>>>> Muqaddimah <<<<<<<<<<<
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Jama’ah Shalat Isya’ dan Tarawih Rahimakumullah.
Mer harapanringan dan senang dalam melaksanakan ibadah dan berinfak saleh tentu akan dirasakan dikala menjalani bulan Ramadan. Jangankan ibadah wajib, yang sunnah pun kita mer harapanringan melakukannya, masjid dan musholla ramai, tadarus di mana-mana, ta’lim  dimana-mana. Dan salah satu ibadah yang gencar dilakukan dikala bulan ampunan ialah salat Qiyamul Lail atau salat malam. Yang Mahaku harapanSWT. berfirman:
وَمِنَ اللَّيْلِ فِتَهَجَّدْ بِهٖ نَافِلَةً لَكَ عَسٰى أَنْ يَّبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُوْدًا
“Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajjudlah kau sebagai suatu ibadah komplemen bagimu; mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kau ke kawasan yang terpiji”. (QS. Al-Isra: 79)
Dan diriwayatkan dari Bilal, bantu-membantu Rasulullah SAW. bersabda:
عَلَيْكُمْ بِقِيَامِ اللَّيْلِ فَإِنَّهٗ دَأَبُ الصَّالِحِيْنَ قَبْلَكُمْ وَإِنَّ قِيَامَ اللَّيْلِ قُرْبَةٌ إَلَى اللهِ وَمَنْهَاةٌ عَنِ الْإِثْمِ عَنِ الْإِثْمِ وَتَكْفِيْرٌ لِلسَّيِّئَاتِ وَمَطْرَدَةٌ للِدَّاءِ عَنِ الْجَسَدِ (رواه الترمذى)
“Hendaklah kamumelaksanakan salat malam, lantaran bantu-membantu ia ialah jalan orang-orang saleh sebelum kalian. Salat malam itu mendekatkan diri kepada Allah, pencegah perbuatan dosa, penghapus keburukan-keburukan dan menghilangkan penyakit yang berada di badan”. (HR. At-Tirmidzi)
Jama’ah Shalat Isya’ dan Tarawih Rahimakumullah.
Salat malam merupakan salat yang paling utama setelah salat fardu. Diriwayatkan dari Abi Hurairah RA, dikala Rasulullah SAW. ditanya, “Salat apakah yang paling utama setelah salat wajib?” maka ia SAW. bersabda:
أَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الصَّلَاةِ الْمَكْتُوْبَةِ الصَّلَاةُ فِيْ جَوْفِ اللَّيْلِ (رواه مسلم)
“Salat yang paling utama setelah salat wajib ialah salat di tengah malam”. (HR. Muslim)
Salat malam mempunyaibanyak keutamaan. Di antara keutamaan-keutamaan tersebut adalah:
1.    Salat yang paling dicintai oleh Yang Mahaku harapanSWT.
Sebagaimana diriwayatkan dari Abdullah bin ‘Amr bin al ‘Ash, Rasulullah SAW. bersabda:
اَحَبُّ الصَّلَاةِ اِلَى اللهِ صَلَاةُ دَاوٗدَ عَلَيْهِ السَّلَامُ وَاَحَبُّ الصِّيَامِ اِلَى اللهِ صِيَامُ دَاوٗدَ عَلَيْهِ السَّلَامُ وَكَانَ يَنَامُ نَصْفَ اللَّيْلِ وَيَقُوْمُ ثُلُثَهٗ وَيَنَامُ سُدُسَهٗ وَيَصُوْمُ نَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا.
“Salat yang paling dicintai Yang Mahaku harapanialah salat Nabi Dawud AS. dan pu harapanyang paling dicintai Yang Mahaku harapanialah pu harapanNabi dawud AS. ia tidur setengah malam (pertama), dan berdiri (salat) sepertiga malam dan tidur lagi pada sisa waktu seperenamnya. Dia pu harapansehari dan berbuka sehari”. (HR. Bukhori dan Muslim).
 Dalam menjalani hari tentu kita harus selalu ingat untuk tetap beribadah kepada Yang Maha Kultum Tentang Keutamaan Qiyamul Lail (Shalat Malam)
Kultum Tentang Keutamaan Qiyamul Lail (Shalat Malam)

2.    Salat tahajud (salat malam) menghapus dan menghindarkan diri dari dosa.
Dari Bilal RA., bantu-membantu Rasulullah SAW. bersabda:
عَلَيْكُمْ بِقِيَامِ اللَّيْلِ فَإِنَّهٗ دَأَبُ الصَّالِحِيْنَ قَبْلَكُمْ وَإِنَّ قِيَامَ اللَّيْلِ قُرْبَةٌ إَلَى اللهِ وَمَنْهَاةٌ عَنِ الْإِثْمِ عَنِ الْإِثْمِ وَتَكْفِيْرٌ لِلسَّيِّئَاتِ وَمَطْرَدَةٌ للِدَّاءِ عَنِ الْجَسَدِ (رواه الترمذى)
“Hendaklah kamumelaksanakan salat malam, lantaran bantu-membantu ia ialah jalan orang-orang saleh sebelum kalian. Salat malam itu mendekatkan diri kepada Allah, pencegah perbuatan dosa, penghapus keburukan-keburukan dan menghilangkan penyakit yang berada di badan”. (HR. At-Tirmidzi)
3.    Salat tahajud (salat malam) mampu memasukkan ke dalam surga.
Dari Abi Malik al-Asy’ari RA., Rasulullah SAW. bersabda:
إِنَّ فِى الْجنَّةِ غُرَفًا يُرَى ظَاهِرُهَا مِنْ بَاطِنِهَا وَبَاطِنُهَا مِنْ ظَاهِرِهَا أَعَدَّهَا اللهُ لِمَنْ أَطْعَمَ الطَّعَامَ وَأَفْشَى السَّلَامَ وَصَلّٰى بِاللَّيْلِ وَالنَّاسُ نِيَامٌ
“Sesungguhnya di surga terdapat sejumlah kamar yang episode luarnya mampu dilihat dari episode dalamnya, dan episode dalamnya mampu dilihat dari episode luarnya, Yang Mahaku harapanmenyiapkannya bagi orang yang suka memberi makan, menyebarkan salam dan salat malam dikala manusia sedang terlelap”. (HR. Ahmad dan Ibnu Hibban)
4.    Salat tahajjud penyebab mendapatkan rahmat
Dari Abi Hurairah RA., Nabi SAW. bersabda:
رَحِمَ اللهُ رَجُلًا قَامَ مِنَ اللَّيْلِ فَصَلَّى وَاَيْقَظَ امْرَأَتَهٗ فَإِنْ أَبَتْ نَضَحَ فِى وَجْهِهَا الْمَآءَ، رَحِمَ اللهُ امْرَأَةً قَامَتْ مِنَ اللَّيْلِ فَصَلَّتْ وَأَيْقَظَتْ زَوْجَهَا فَإِنْ أَبٰى نَضَحَتْ فِيْ وَجْهِهِ الْمَآءَ
“Allah akan mengatakan rahmat kepada seorang laki-laki yang berdiri malam kemudian melaksanakan salat dan membangunkan istrinya, apabila istrinya menolak maka ia memercikkan air pada istrinya tersebut. Yang Mahaku harapan(pun) akan mengatakan rahmat pada seorang perempuan yang berdiri malam kemudian melaksanakan salat dan membangunkan suaminya, apabila suaminya menolak, maka ia memercikkan air pada suaminya tersebut”. (HR. Abu Dawud, An-Nasa-i, Ibnu Majah dan Hakim).
5.    Salat tahajjud menjadikan do’a terkabul.
Dari Jabir RA, bantu-membantu saya mendengar Rasulullah SAW. bersabda:
إِنَّ فِى اللَّيْلِ لَسَاعَةً لَا يُوَافِقُهَا رَجُلٌ مُسْلِمٌ يَسْأَلُ اللهَ خَيْرًا مِنْ أَمْرِ الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ اِلَّا أَعْطَاهُ إِيَّاهُ وَذٰلِكَ كُلَّ لَيْلَةٍ
“Sesungguhnya pada malam hari ada satu waktu, dimana tak seorang muslim pun yang berdo’a kepada Yang Mahaku impian mengenaikabaikan globaldan akhirat kecualai akan dikabulkan-Nya. Dan itu ada pada setiap malam!!”. (HR. Muslim).
Dan masih banyak lagi keutamaan shalat malam ini yang tidak mampu disebutkan satu persatu. Dan biar kita diberi kekuatan dan kemudahan untuk mampu melaksanakan shalat malam terutama di bulan bulan ampunan ini.
أَقُوْلُ قَوْلِيْ هٰذَا أَسْتَغْفِرُ اللهَ لِيْ وَلَكُمْ وَلِسَآئِرِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ فَاسْتَغْفِرُوْهُ إِنَّهٗ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ
Wassalamu’alaikum Warahmatullohi Wabarokatuh.

Nah itulah beberapa keutamaan dari Qiyamul Lail atau shalat malam hari yang mampu kami berikan untuk anda gunakan sebagai bahan materi kuliah tujuh menit atau kuliah keagamaan. Semoga ber kegunaandan mohon maaf jika ada salah-salah kata.

0 Response to "Kultum Wacana Keutamaan Qiyamul Lail (Shalat Malam)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel