Inilah Pola Surat Formal

Saat ini zaman sudah berkembang, dan media komunikasi dan informasi pun sudah sangat canggih. Walaupun dengan canggihnya media komunikasi tersebut, namun keberadaan surat masih dipakai di kalangan masyarakat, terlebih pada suatu sekolah maupun instansi tertentu. Surat resmi atau sanggup juga disebut surat formal merupakan surat yang dipakai untuk keperluan yang bersifat resmi, baik urusan pribadi, organisasi, maupun instansi/dinas. Beberapa contoh surat formal ialah surat pemberitahuan, surat permohonan, surat resmi sekolah, surat resmi instansi/kedinasan, dan sebagainya. Surat resmi mempunyai fungsi sebagai media komunikasi secara resmi yang secara sah dipertanggungjawabkan secara aturan antar satu pihak dengan pihak lain.

 dan media komunikasi dan informasi pun sudah sangat canggih inilah Contoh Surat Formal

Keberadaan surat formal sangat terkenal sekali. Ciri-ciri surat formal ialah pertama adanya kop surat, kedua terdapat nomor surat, lampiran dan perihal, ketiga penulisan memakai bahasa Indonesia sesuai EYD, dan terakhir adanya pengukuhan surat yang berasal dari stempel dari sekolah/instansi yang terkait. Selain itu, dalam pembuatan surat formal harus sesuai dengan format penulisan, ialah kop surat, tanggal pembuatan surat, nomor surat, hal/perihal surat, lampiran, alamat tujuan surat formal, salam pembuka, isi surat, epilog surat, nama pengirim, tembusan, dan tanda tangan pengirim. Biasanya contoh surat formal yang memakai format menyerupai di atas ialah surat usul dari sekolah maupun instansi.

Untuk menciptakan penulisan surat formal cukup mudah, hanya memerlukan pemahaman yang baik mengenai kaidah penulisan yang akan kita tulis dan tinggal menulis kata-kata yang anggun dan sopan biar gambaran formalnya sanggup kentara dan sempurna. Apabila anda masih gundah dengan format penulisan contoh surat formal, berikut contohnya.

Contoh Surat Formal


Dear Sir or Madam,

Through this letter we announce that we will be holding a celebration of the 58th anniversary of SMAN KBI on:

day/date: Saturday, 29th November 2014.
time: 10.00 p.m

We would be very grateful if you could attend to the event. Thank you for your attention.

Sincerely,



The Principal of SMAN KBI
Joko Subagio, M. Pd


-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Terjemahan

Yang terhormat Bapak/Ibu,

Melalui surat ini kami mengumumkan bahwa kami akan mengadakan perayaan ulang tahun ke-58 dari SMAN KBI pada :

hari/tanggal : Sabtu, 29 November, 2014 .
waktu : 10.00 p.m

Kami akan sangat berterima kasih bila Anda sanggup menghadiri program tersebut . Terima kasih atas perhatian Anda.

Hormat saya,



Kepala sekolah SMAN KBI
Joko Subagio, M. Pd

Makara kegunaan surat terutama surat resmi masih banyak yang mau menggunakannya. Pada dasarnya terdapat lima format penulisan surat formal, ialah bentuk lurus berisi penuh, bentuk lurus, bentuk setengah lurus, bentuk lekuk, dan yang terakhir paragraf yang menggantung.

Baca Juga : Contoh Surat Resmi

Demikianlah beberapa informasi mengenai pola surat formal yang sanggup kami sampaikan, apabila dalam penyampaian terdapat beberapa kata maupun kekeliruan kami mohon maaf. Semoga dengan adanya artikel ini sanggup menunjukkan anda manfaat.

0 Response to "Inilah Pola Surat Formal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel