Inilah Pola Surat Dinas Untuk Sebuah Instansi Pemerintahan

Ketika mendengar kata dinas, niscaya akan berafiliasi dengan instansi pemerintahan. Entah itu sekolah, dinas-dinas tertentu bahkan hingga kementerian. Begitu juga dengan contoh surat dinas. Surat dinas tertentunya berafiliasi dengan sebuah instansi pemerintahan. Biasanya bertujuan untuk menunjukan suatu hal, pemberitahuan atau meminta sebuah izin. Misalnya untuk memperlihatkan informasi ke dinas atau organisasi lainnya. Hal ini harus dilakukan dengan pemberitahuan surat. Ini tertulis secara niscaya di peraturan sebuah organisasi. Makara tak hanya diberitahukan melalui sms atau email saja.

 niscaya akan berafiliasi dengan instansi pemerintahan inilah Contoh Surat Dinas Untuk Sebuah Instansi Pemerintahan

Buat kalian yang sudah pernah mengikuti acara osis di sekolah atau organisasi lain di kampus, niscaya sudah tidak absurd lagi dengan yang namanya surat dinas. Ketika ada sebuah kegiatan, sebuah organisasi harus mengeluarkan sebuah surat dinas kepada instansi terkait. Perbedaan surat dinas dengan jenis surat lainnya ialah pada bab kepala surat dan juga nomor surat. Untuk surat dinas harus selalu ada kepala surat dan nomor surat. Nomor surat biasanya berisi tanggal dikeluarkan surat tersebut, arahan organisasi, nomor dari surat dan tahun surat dikeluarkan. Sebelum surat ini keluarkan, nomor surat tersebut akan di tulis sebagai manajemen dari organisasi tersebut.

Jenis Surat Dinas


Berikut ini saya akan berikan beberapa contoh surat dinas dari sebuah organisasi. Ada surat dinas sekolah, surat pemberitahuan organisasi dan masih banyak lainnya. Semoga ini sanggup menjadi contoh yang anda gunakan untuk menciptakan surat dinas.

Contoh Surat Dinas Pengumuman


Kementerian Pendidikan Nasional
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
JL. Dr. Hamka Air Tawar SEMARANG 25131 Telp. (0751) 7051260

____________________________________________________________________________

PENGUMUMAN REKTOR

No : 866/H35/AK/2010

Diumumkan kepada calon mahasiswa gres melalui Jalur Prestasi Fakultas Teknik UNP tahun akademik 2010/2011 yang dinyatakan lulus dan diterima semoga melapor pada Sub Bagian Registrasi dan Statistik BAAK UNP pada:

Hari/Tanggal : Rabu /16 Juni 2010
Jam : 08.00 – 12.00 wib
Tempat       : Kantor Registrasi dan Statistik BAAK UNP Air Tawar SEMARANG

Dengan membawa persyaratan sebagai berikut:

Tanda penerima seleksi Jalur Prestasi Fakultas Teknik
Membayar SPP di seluruh cabang Bank Jawa Tengah
Cek kesehatan di Poliklinik kampus UMS
Menyerahkan semua paket pendaftaran ke petugas loket pendaftaran
Demikian pengumuman ini untuk sanggup dimaklumi, terima kasih.

SEMARANG, 28 April 2015
Rektor,




Prof. Dr. Z. Abdul Zulfikar, M.Pd



Contoh Surat Dinas Penting


Jakarta, 4 September 2014
No : 27/N11.8.4/DIN/KP/1.2014
Lampiran : 2 (dua) Lembar

Kepada Yth.
PT. MAJU MUNDUR
Jl. Raya Gatot Subroto No. 07 Jakarta
Banyumas – Jawa Tengah
Hal : Tindak Lanjut Workshop

Menindaklanjuti pembicaraan dengan PT. MAJU MUNDUR beberapa waktu kemudian mengenai gagasan Workshop bersama, maka dengan surat ini kami mengajukan undangan tindak lanjut Workshop bersama tersebut.

Adapun rencana jumlah penerima Workshop dari Udar – Ider Corp sebanyak 4 orang, dengan bahan dasar pembuatan animasi flash yang bertempat di Plant PT. MAJU MUNDUR. Untuk itu kami mohon konfirmasi lebih lanjut mengenai total biaya serta teknis pelaksanaan penyelenggaraan Workshop bersama ini.

Informasi lebih lanjut kami lampirkan proposal pengajuan Workshop.
Konfirmasi dari PT. MAJU MUNDUR sangat kami harapkan. Atas perhatiaanya kami ucapkan terima kasih.

a.n. Direktur Utama,
Ka. Unit Pengembangan dan Kerjasama
Bagas Setioso
NRP 190940

Tembusan :
– Direktur Utama (Sebagai Laporan)
– Departemen Keuangan
– Departemen SDM

Format Contoh Surat Dinas

Beberapa contoh surat yang saya sebutkan merupakan format surat dinas yang sering dipakai di aneka macam instansi. Formatnya harus berurutan. Ada kepala surat, nomor surat, lampiran surat, perihal, pembuka, isi, epilog dan pengesahan. Untuk isinya harus ada tanggal, waktu dan maksud yang ingin disampaikan. Semua itu harus tersusun dengan rapi. Jangan lupa untuk selalu memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar. Karena ini surat dinas harus memakai penyusunan kata yang baku dan dihentikan asal-asalan. Penggunaan format microsfot wordnya juga harus benar.


Sekarang anda sudah tahu bagaimana menulis surat dinas yang baik dan benar. Semoga yang saya tuliskan diatas sanggup memperlihatkan informasi yang bermanfaat buat anda. jangan takut untuk berguru suatu hal termasuk berguru menulis surat. Mungkin ini akan berkhasiat nantinya. Demikian artikel kali ini, semoga contoh diatas sanggup anda gunakan sebagai teladan dikala menulis sebuah contoh surat dinas.

0 Response to "Inilah Pola Surat Dinas Untuk Sebuah Instansi Pemerintahan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel