Sifat Fisik Yang Dipengaruhi Gaya Antarmolekul

Gaya antarmolekul mempengaruhi sifat fisik dari suatu zat atau senyawa. Beberapa sifat fisik itu antara lain titik didih dan tegangan permukaan. 

1. Titik didih 

Titik didih suatu cairan merupakan temperatur di mana tekanan uap yang meninggalkan cairan sama dengan tekanan luar. Jika hal tersebut terjadi, maka akan terbentuk gelembung- gelembung uap dalam cairan. Karena tekanan uap dalam gelembung sama dengan tekanan uap udara, maka gelembung itu sanggup mendorong diri lewat permukaan dan bergerak ke fase gas di atas cairan. Keadaan menyerupai itu disebut mendidih. 

Titik didih suatu zat juga menggambarkan besarnya energi yang diharapkan untuk mengatasi gaya tarik-menarik antarmolekul dalam zat tersebut. Jika gaya tarik-menarik semakin kuat, maka diharapkan energi yang besar, akhirnya titik didih menjadi tinggi. Perhatikan titik didih beberapa senyawa pada Tabel berikut.

 mempengaruhi sifat fisik dari suatu zat atau senyawa Sifat Fisik yang Dipengaruhi Gaya Antarmolekul
Titik didih beberapa senyawa.


2. Tegangan permukaan (surface tension) 

Tegangan permukaan (surface tension) merupakan gaya yang cenderung menciptakan permukaan cairan melengkung. Hal ini dikarenakan pada permukaan zat cair jumlah molekulnya lebih sedikit dibandingkan molekul zat cair di bawah permukaan. 

Akibatnya, molekul di permukaan mengalami gaya tarik-menarik yang lemah sehingga molekul permukaan cenderung tertarik ke dalam. Baik dalam tetesan atau cairan jikalau bersentuhan dengan tempatnya, maka permukaan yang melengkung itu memiliki luas sekecil mungkin pada suasana tersebut untuk meminimalkan energi permukaan. 


Jika gaya antarmolekul semakin kuat, maka tegangan permukaan yang dihasilkan semakin besar. Sebagai contoh, air, (H2O), memiliki tegangan permukaan 0,073 N m–1 lebih tinggi daripada benzena, (C6H6), yaitu sebesar 0,029 N m–1 . Hal ini dikarenakan H2O bersifat polar dan memiliki gaya antarmolekul jauh lebih berpengaruh daripada gaya antarmolekul benzena yang bersifat nonpolar. Gaya antarmolekul dalam air yakni ikatan hidrogen sedangkan benzena yakni gaya London.

0 Response to "Sifat Fisik Yang Dipengaruhi Gaya Antarmolekul"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel