Penjelasan Reaktor Nuklir Bab Beserta Fungsinya

Reaktor nuklir merupakan sebuah peralatan sebagai daerah berlangsungnya reaksi berantai fisi nuklir terkendali untuk menghasilkan energi nuklir, radioisotop, atau nuklida baru.

 merupakan sebuah peralatan sebagai daerah berlangsungnya  Penjelasan Reaktor Nuklir Bagian Beserta Fungsinya

Skema dasar reaktor.

1. Bahan bakar 
2. Teras reaktor 
3. Moderator 
4. Batang kendali 
5. Pompa pemindah 
6. Generator uap 
7. Shielding (perisai)

Berikut ini beberapa komponen dasar reaktor.
1. Bahan bakar reaktor nuklir merupakan materi yang akan menyebabkan suatu reaksi fisi berantai berlangsung sendiri, sebagai sumber energi nuklir. Isotop fisi ialah uranium-235, uranium-233, plutonium-239. Uranium-235 terdapat di alam (dengan perbandingan 1 : 40 pada uranium alam), dan yang lainnya harus dihasilkan secara buatan. 

2. Teras reaktor, di dalamnya terdapat elemen materi bakar yang membungkus materi bakar. 

3. Moderator ialah komponen reaktor yang berfungsi untuk menurunkan energi neutron cepat (+ 2 MeV) menjadi komponen reaktor normal (+ 0,02 - 0,04 eV) semoga sanggup bereaksi dengan materi bakar nuklir. Selain itu, moderator juga berfungsi sebagai pendingin primer. Persyaratan yang diharapkan untuk materi moderator yang baik ialah sanggup menghilangkan sebagian besar energi neutron cepat tersebut dalam setiap tumbukan dan mempunyai kemampuan yang kecil untuk menyerap neutron, serta mempunyai kemampuan yang besar untuk menghamburkan neutron. 
Bahan-bahan yang dipakai sebagai moderator, antara lain:
  1. air ringan (H2O),
  2. air berat (D2O),
  3. grafit, dan
  4. berilium.
4. Setiap reaksi fisi menghasilkan neutron gres yang lebih banyak (2 - 3 neutron baru), maka perlu diatur jumlah neutron yang bereaksi dengan materi bakar. Komponen reaktor yang berfungsi sebagai pengatur jumlah neutron yang bereaksi dengan materi bakar ialah batang kendali. Dalam reaktor dikenal faktor pengali (k), yaitu perbandingan jumlah neutron yang dihasilkan setiap siklus dengan jumlah neutron pada awal siklus untuk: 
k = 1, operasi reaktor dalam keadaan kritis, 
k > 1, operasi reaktor dalam keadaan super kritis, 
k < 1, operasi reaktor dalam keadaan subkritis. 

Bahan yang dipergunakan untuk batang kendali reaktor haruslah mempunyai kemampuan tinggi menyerap neutron. Bahan-bahan tersebut antara lain kadmium (Cd), boron (B), atau haefnium (Hf ). 

5. Perisai (shielding), berfungsi sebagai penahan radiasi hasil fisi materi semoga tidak menyebar pada lingkungan.

6. Pemindah panas, berfungsi untuk memindahkan panas dari pendingin primer ke pendingin sekunder dengan pompa pemindah panas. 

7. Pendingin sekunder, sanggup juga berfungsi sebagai generator uap (pembangkit uap) yang selanjutnya sanggup dipakai untuk menggerakkan generator listrik.

0 Response to "Penjelasan Reaktor Nuklir Bab Beserta Fungsinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel