Pengertian Molaritas Beserta Rumus Dan Tumpuan Soal

Apa yang dimaksud dengan molaritas? Molaritas merupakan salah satu besaran konsentrasi. Konsentrasi merupakan besaran yang menawarkan hubungan kuantitatif antarzat dalam larutan. Larutan terdiri atas zat terlarut yang disebut dengan solute dan zat pelarut yang dinamakan solvent. 

Ada beberapa jenis konsentrasi, diantaranya molaritas (M), kemolalan (m), fraksi mol (c), persen (%), bpj (bagian per juta), dan sebagainya. 

Molaritas (M) didefinisikan sebagai perbandingan antara jumlah mol zat terlarut (solute) setiap satuan volume (dalam liter dan disimbolkan L) larutan. Secara matematika sanggup dituliskan sebagai berikut.


dengan :
M = molaritas
nsolute = jumlah mol solut
Vlarutan = volume larutan


Contoh:
Sebanyak 18 gram glukosa (C6H1 O6) dilarutkan ke dalam air murni (H2O) hingga volume larutan menjadi 500 mL. Tentukan molaritas larutan yang terjadi.
Jawab:


Jumlah mol salute:


Massa C6H1 O6 = 18 gram
Mr C6H1 O6 = {(6 × 12) + (12 × 1) + (6 × 16)} g mol –1 = 180 g mol –1

Jumlah mol solute :


Volume larutan = 500 mL =

Molaritas larutan:


Jadi, molaritas larutan yang terjadi sebesar 0,2 M.

Zat kimia yang tersedia di laboratorium pada umumnya berupa zat murni atau larutan pekat. Kalian niscaya tahu, reaksi kimia umumnya berlangsung dalam bentuk larutan. Oleh alasannya yaitu itu, penyediaan larutan dengan molaritas tertentu sangat berperan.

0 Response to "Pengertian Molaritas Beserta Rumus Dan Tumpuan Soal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel