Kumpulan Soal Energi Dan Momentum

Jawablah Soal Fisika tenteng Energi dan Momentum berikut ini dengan benar dan baik!

1. Misalkan tiga gaya konstan bekerja pada partikel yang bergerak dari satu kawasan ke kawasan lain. Apakah perjuangan yang dilakukan pada partikel oleh resultak ketiga gaya ini sama dengan jumlah perjuangan yang dilakukan oleh masing-masing gaya secara terpisah? 

2. Bidang miring merupakan mesin sederhana yang memungkinkan kita untuk melaksanakan perjuangan dengan gaya yang lebih kecil daripada seharusnya. Apakah ini berarti menghemat perjuangan kita? 

3. Usaha yang dilakukan gaya tabrakan selalu negatif. Jelaskan! Usaha yang dilakukan gaya normal pada benda yang bergerak di atas sebuah bidang selalu nol. Jelaskan! 

4. (a) Dapatkah kerja yang dilakukan gaya total berharga negatip? (b) Jika suatu benda mula-mula membisu dikenai gaya total yang konstan. Apakah kerja yang dilakukan gaya tersebut sanggup berharga negatip? 

5. Usaha yang dilakukan oleh gaya resultan selalu sama besar dengan perubahan energi kinetik. Mungkinkah perjuangan yang dilakukan oleh salah satu komponen gaya lebih besar daripada perubahan energi kinetik? Jika mungkin berilah contoh. 

6. Sebuah bola dilemparkan vertikal ke atas, kemudian ditangkap kembali. Bahaslah dengan memakai teorema kerja energi kecepatan bola pada ketika hingga ke titik semula dengan perkiraan (a) tabrakan udara diabaikan dan (b) tabrakan udara tidak diabaikan. 

7. Jalan-jalan di pegunungan jarang sekali lurus mendaki ke atas lereng, tetapi berkelok-kelok naik sedikit demi sedikit. Jelaskan mengapa demikian? 

8. Sebuah kendaraan beroda empat yang sedang bergerak direm secara mendadak sehingga kendaraan beroda empat tergelincir hingga balasannya berhenti. Menjadi bentuk apakah energi kinetik yang hilang? 

9. Seekor burung berada dalam kandang kawat yang tergantung pada sebuah neraca pegas. Apakah pembacaan skala neraca ketika burung terbang dalam kandang lebih besar, lebih kecil atau sama dengan ketika burung bertengger dalam sangkar? 

10. Dapatkah sebuah bahtera layar didorong oleh tiupan angin pada layar yang berasal dari kipas angin yang dipasang pada bahtera tersebut? 

11. Sebuah bola dilepaskan dari suatu ketinggian sehingga pada ketika mencapai lantai beliau dipantulkan oleh lantai. Apakah dalam kejadian tumbukan bola dengan lantai dipenuhi aturan kekekalan momentum? 

12. Energi kinetik seseorang yang sedang berlari besarnya setengah energi kinetik seorang anak yang massanya separuh massa orang tersebut. Jika orang tersebut menambah lajunya sebesar 1 m/s, maka energi kinetiknya menjadi sama dengan energi kinetik anak tersebut. Tentukan laju (a) orang tersebut dan (b) anak tersebut mula-mula. 

13. Sebuah peluru bermassa 30 gram, yang mula-mula bergerak dengan kelajuan 500 m/s, menembus balok kayu sedalam 12 cm. Tentukan gaya rata-rata yang dilakukannya pada balok. 

14. Seorang mahasiswa bermassa 60 kg berlari menaiki tangga yang tingginya 5 m dalam waktu 4 sekon. Tentukan daya rata-rata yang dikeluarkannya. 

15. Sebuah gaya horizontal 50 N dikerjakan pada kotak 4 kg yang semula membisu di meja horizontal yang koefisien tabrakan kinetiknya ialah 0.25 dan koefisien tabrakan statiknya 0.4. Tentukan (a) kerja yang dilakukan oleh gaya tersebut, (b) kerja yang dilakukan oleh gaya tabrakan dan (c) energi kinetik kotak tersebut, sesudah kotak bergerak sejauh 5 m. 

16. Seorang anak memindahkan buku bermassa 0,5 kg dari lantai ke atas meja yang tingginya 70 cm. Hitung perjuangan minimum yang harus dilakukan anak tersebut. 

17. Sebuah kendaraan beroda empat bermassa satu ton bergerak dengan kelajuan 72 km/jam. Mobil kemudian direm sehingga berhenti pada jarak 50 m semenjak pengereman. Tentukan besar gaya total yang bekerja pada kendaraan beroda empat pada ketika pengereman tersebut. 

18. Sebuah bola 2 kg digantungkan ke plafon rumah memakai tali yang panjangnya 1 m. Tinggi ruangan ialah 3 m. Hitung energi potensial gravitasi bola relatif terhadap (a) plafon rumah (b). lantai rumah.

19. Perkirakan energi kinetik dan kelajuan yang diharapkan oleh seorang peloncat galah bermassa 70 kg supaya sanggup melewati mistar yang tingginya 5 m. Asumsikan sentra massa dari peloncat galah mula-mula ada pada ketinggian 0.9m. 

20. Sebuah batang kayu bermassa 500kg ditarik dari keadaan membisu oleh seekor gajah sejauh 2 m oleh sehingga gaya total yang bekerja padanya ialah 100N. Tentukan energi kinetik dan kelajuan simpulan batang kayu tersebut! 

21. Sebuah sepeda motor bermassa 300 kg memiliki kelajuan 25 m/s di awal jalan yang mendaki. Sepeda motor tersebut mengalami perlambatan sehingga pada simpulan jalan mendaki kelajuannya tinggal 10 m/s. Jika beda ketinggian antara awal dan simpulan jalan ialah 100 m, hitung perjuangan oleh mesin sepeda motor itu! 

22. Leonel Messi menendang bola mati bermassa 0,6 kg sehingga sesaat sesudah ditendang bola memiliki kelajuan 18 m/s. Jika waktu yang kontak antara kaki dengan bola pada ketika menendang ialah 0,02 sekon, tentukan gaya rata-rata yang diberikan Zidane pada bola! 

23. Untuk menghemat materi bakar sebuah motor meluncur dengan kecepatan awal 4 m/s menuruni jalan dengan mesin dimatikan. Di simpulan jalan menurun tersebut kelajuan motor ternyata mencapai 20 m/s. Jika gesekan-gesekan diabaikan, maka perkirakan beda tinggi posisi awal dan posisi simpulan motor tersebut 

24. Seorang tukang menarik sebuah peti sejauh 5 m dengan kecepatan tetap 0,5 m/s dengan gaya sebesar 200 N. Tentukan waktu yang diharapkan dan daya tukang tersebut 

25. Sebuah kendaraan beroda empat sedan sanggup menghasilkan gaya sebesar 20000N. Jika kendaraan beroda empat tersebut melaju dengan kelajuan rata-rata 40 m/s tentukan daya kendaraan beroda empat tersebut. Pertanyaan yang sama untuk sebuah truk yang sanggup menghasilkan gaya 40000N yang melaju dengan kelajuan rata-rata 10 m/s 

26. Sebuah bola bermassa 0,4 kg menumbuk bola lain bermassa 0,6 kg yang sedang diam. Kecepatan bola pertama sebelum tumbukan ialah 2 m/s. Tentukan kecepatan masing-masing bola sesudah tumbukan jikalau tumbukan tersebut merupakan (a) tumbukan elastik (b) tidak elastik (c) elastik sebagian dengan e = 0,5 

27. Sebutir peluru bermassa 10 gram menumbuk bandul balistik bermassa 2 kg sehingga sentra massa bandul naik vertikal setinggi 12 cm. Tentukan kelajuan awal peluru sebelum menumbuk bandul!

0 Response to "Kumpulan Soal Energi Dan Momentum"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel