10 Pola Karya Seni Rupa 2 Dimensi Dan Penjelasannya

Cabang seni rupa menurut wujudnya dibedakan menjadi seni rupa 2 dimensi dan seni rupa 3 dimensi. Seni rupa 2 dimensi yaitu seni rupa yang tertuang hanya pada dimensi panjang dan lebar. Pada artikel kali ini, kita akan membahas contoh karya seni rupa 2 dimensi tersebut dan penjelasannya semoga Anda semakin memahami pokok bahasan Seni Rupa yang dibagikan dalam blog ini. Silakan disimak!

Contoh Karya Seni Rupa 2 Dimensi

Contoh karya seni rupa 2 dimensi sanggup kita temukan pada beberapa produk atau benda, di antaranya antara lain lukisan, foto, poster, banner, desain produk, karikatur, kaligrafi, mozaik, dan logo.

Cabang seni rupa menurut wujudnya dibedakan menjadi seni rupa  10 Contoh Karya Seni Rupa 2 Dimensi dan Penjelasannya

1. Lukisan

Lukisan merupakan pola karya seni rupa 2 dimensi yang paling sering kita temui. Melongok lebih jauh, ternyata lukisan mempunyai bermacam-macam macam aliran. Aliran-aliran seni lukis tersebut antara lain pedoman naturalisme, abstraksionisme, dudaisme, impersionalisme, dan lain-lain. Jika Anda ingin tahu mengenai jenis pedoman seni lukis tersebut, Anda bisa berkunjung ke artikel ini.

2. Foto

Seni fotografi berakal balig cukup akal ini kian berkembang seiring dengan kemajuan teknologi kamera. Seni fotografi menghasilkan karya berupa foto. Foto yang dibentuk dengan memperhatikan unsur-unsur seni juga bisa menjadi pola karya seni rupa 2 dimensi.

3. Poster

Kemajuan teknologi komputerisasi telah menghadirkan cabang seni rupa baru. Seni desain grafis dianggap sebagai representasi seni modern yang telah mensugesti dunia anak muda kita. Cabang seni ini menghasilkan ragam karya seni rupa 2 dimensi, contohnya poster. Poster yaitu pola karya seni terapan yang umum dimanfaatkan untuk memberikan informasi dan komunikasi.

4. Banner

Selain poster, hasil karya digital lain yang dibentuk memakai seni desain grafis  yaitu banner atau spanduk. Banner dibentuk memakai teknik printing. Selain mempunyai nilai estetis, pola karya seni rupa 2 dimensi ini juga mempunyai sisi praktis. Ia biasanya dipakai sebagai media penyampaian informasi.

Cabang seni rupa menurut wujudnya dibedakan menjadi seni rupa  10 Contoh Karya Seni Rupa 2 Dimensi dan Penjelasannya

5. Desain Produk

Desain produk dibentuk memakai ide dan ilham yang diarahkan semoga konsumen tertarik secara visual terhadap produk tersebut. Desain produk mengalami perkembangan yang cukup menjanjikan sebagai salah satu cabang seni rupa terapan 2 dimensi baru, terutama di masa globalisasi dan tingkat konsumsi masyarakat yang tinggi mirip kini ini.

6. Logo

Jangan anggap sepele sebuah logo. Logo yaitu identitas sebuah perusahaan atau korporasi yang paling gampang diingat. Logo dibentuk dengan memadukan jiwa seni yang tinggi dan kemampuan nalar filosofi. Logo juga merupakan pola karya seni rupa 2 dimensi yang dibentuk memakai sistem komputerisasi digital.

7. Kaligrafi

Kaligrafi yaitu rangkaian abjad bermakna yang disusun sehingga wujud dan bentuknya mirip benda tertentu. Paling sering kita menemukan karya seni rupa 2 dimensi ini di rumah ibadah atau kediaman orang-orang Muslim, mengingat benda seni ini memang merupakan salah satu peninggalan sejarah Islam di Indonesia.

Cabang seni rupa menurut wujudnya dibedakan menjadi seni rupa  10 Contoh Karya Seni Rupa 2 Dimensi dan Penjelasannya

8. Mozaik

Mozaik yaitu remah benda kecil yang susunan dengan pola tertentu sehingga bentuknya mirip benda atau gambar tertentu. Remah benda kecil yang dipakai sebagai materi baku karya ini umumnya berupa limbah, mirip kulit telur, pecahan kaca, kayu, dan keramik.

9. Batik

Batik yaitu warisan budaya non benda orisinil Indonesia yang telah diakui oleh Unesco. Dibuat memakai teknik canting dan printing, karya seni rupa 2 dimensi ini umum dipakai sebagai satu daya tarik pakaian yang biasa kita kenakan. Batik telah dikenal sampai penjuru dunia. Batik kini telah terlepas dari kesan renta dan ndeso berkat sosialisasi yang dilakukan seluruh elemen masyarakat.

10. Karikatur

Karikatur yaitu lukisan yang dibentuk dengan pola keganjilan. Objek yang digambar biasanya yaitu mahluk hidup. Karya seni rupa 2 dimensi ini selain menunjukkan nilai estetis juga mempunyai nilai humoris. Dewasa ini, karikatur bukan hanya sanggup dibentuk secara manual. Kemajuan komputerisasi juga telah melahirkan jenis karikatur gres yang kini semakin digandrungi. Karikatur digital.

Nah, itulah beberapa pola karya seni rupa 2 dimensi dan klarifikasi serta gambar ilustrasinya. Ada banyak pola karya lain yang sanggup Anda temukan dikehidupan sehari-hari. Silakan eksplorasi diri Anda sehingga Anda semakin paham perihal cabang seni rupa satu ini. Semoga bermanfaat.

0 Response to "10 Pola Karya Seni Rupa 2 Dimensi Dan Penjelasannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel